Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Tim Fisika SMP Buma Juara II Piala Gubernur

timGENTENG – Sekali lagi, nama SMP Bustanul Makmur (Buma) Genteng disebut di ruang serba guna Himpunan Mahasiswa Fisika (Himafi ) Universitas Airlangga Surabaya. Itu setelah kedua siswanya, Faridan MB dan Ari Majid Sonaji, berhasil menjadi juara dua dalam kejuaraan Olimpiade Fisika Piala Gubernur Jatim yang diselenggarakan Minggu (22/9) lalu.

“Ini adalah kali ketiga SMP Bustanul Makmur memenangkan kejuaraan yang diselenggarakan di tempat dan fakultas yang sama. Hal ini tidak hanya mengharumkan nama SMP Bustanul Makmur, tetapi juga masyarakat pendidikan di Kabupaten Banyuwangi,” ujar Kepala Sekolah SMP Bustanul Makmur, Dwi Wahyu Hari Basuki, S.Pd. Ditambahkan, keberhasilan tim fisika SMP Buma merupakan momentum yang tepat sebagai bukti bahwa SMP Buma.

Meski tidak lagi berstatus RSBI sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi, SMP Buma tetap bertekad melanjutkan program-program sekolah, baik di masa RSBI maupun sebelumnya.Sekolah swasta ini sejak berdirinya telah membentuk tim-tim pengajaran yang tidak hanya berorientasi pada lomba-lomba akademik, akan tetapi juga program-program pembiasaan di sekolah seperti tim Agama Islam, tim Matematika, tim Bahasa Inggris, tim Fisika, dan tim yang lainnya.

Tidak hanya prestasi akademik yang ditargetkan oleh SMP Buma, tetapi prestasi-prestasi yang lain juga seperti budaya lingkungan sekolah, kebersihan, sarana prasarana, hubungan kemitraan dengan wali murid, instansi-instansi pemerintah maupun dunia usaha. Keberhasilan tim fi sika SMP Buma dalam meraih juara dua  tingkat Jatim ini tidak lepas dari dukungan wali murid, doa para guru, dan seluruh siswa.

Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah bimbingan dari guru fi sika. Yaitu Ustadz Mustafa dan Ustadzah Wahyu yang membina dan memupuk bakat siswa di bidang mata pelajaran Fisika. ”Sebenarnya sebelum masuk ke sesi semifinal dan fi nal, kami melakukan babak penyisihan di SMAN 1 Genteng. Dan pada waktu itu tim kami agak down karena kami berada di posisi 11 dari seluruh Jawa Timur.

Tapi alhamdulillah kami akhirnya berhasil di posisi empat di sesi semifi nal dan meraih juara kedua di babak fi nal,” ujar Ustadz Mustafa. Dalam kejuaraan tersebut, tim Fisika SMP Buma bersaing cukup ketat dengan tim fi sika dari SMPN 1 Pamekasan, SMP Petra Surabaya, dan SMPN 1 Lamogan.  (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE