Tim Psikolog Uji 45 Calon Anggota KPU

0
175

tinBANYUWANGI – Sebanyak 45 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi mengikuti seleksi wawancara psikologi kemarin (7/8). Dalam tahap tersebut, tim psikologi RSUD Blambangan memanggil satu per satu peserta untuk wawancara. Seleksi yang berlangsung di salah satu ruang RSUD Blambangan itu dijadwalkan tuntas sehari. Untuk mewawancarai 45 peserta seleksi anggota KPU itu, pihak RSUD Blambangan menurunkan dua tim psikolog.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tes wawancara psikologi itu dibagi menjadi dua sesi dan dilakukan di ruang berbeda. Peserta nomor satu hingga 22 menjalani tes wawancara dengan tim satu. Peserta nomor 23 hingga 45 tes wawancara dengan tim dua. Proses wawancara itu berlangsung mulai pukul 08.30hingga pukul 12.00 kemarin. Setelah mengikuti tes wawancara, hari ini (8/5) peserta seleksi akan mengikuti tes diskusi terarah atau focus group discussion (FGD).  

Loading...

Sama seperti seleksi wawancara, peserta akan dibagi menjadi dua kelompok. Dua kelompok itu akan dipandu dua tim psikolog. FGD merupakan seleksi tahap akhir untuk menjaring 20 peserta terbaik. Setelah merampungkan FGD, tim psikolog akan menyerahkan hasil penilaian kepada timsel. Khusus tes kesehatan dan tes psikologi, timsel tidak melakukan sendiri melainkan menyerahkan kewenangan kepada tim dokter dan tim psikolog RSUD Blambangan.

“Tim akan menerima hasil tes kesehatan dan tes psikologi dari tim RSUD Blambangan,” ungkap Ketua Pokja Seleksi Anggota KPU, Febry Nugroho Wibisono. Nilai tes tulis, tes kesehatan, dan tes psikologi itu, kata Febri, akan diranking menjadi 20 terbaik. Dua puluh peserta terbaik akan diumumkan agar ditanggapi masyarakat. Tanggapan dan pendapat publik itu akan digunakan sebagai salah satu pertimbangan timsel dalam menentukan 10 terbaik. Sebelum menentukan 10 terbaik, 20 peserta terbaik itu akan dipanggil untuk menjalani uji kelayakan dan kepatutan oleh anggota timsel. Hasiluji kelayakan dan kepatutan itu akan dijadikan dasar penetapan 10 nama peserta yang akan dikirimkan ke KPU Jatim. (radar)

Loading...