Tren Sakit Pernapasan Meningkat

0
329

Penyakit Radang Tenggorokan Mengancam Masyarakat


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI-Sebulan terakhir penyakit saluran pernapasan mendominasi kasus-kasus yang ditemukan di sejumlah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Banyuwangi. Penyakit tersebut sering menyerang pasien anak-anak hingga orang dewasa. Selain itu, diare juga masih banyak ditemukan dalam pemeriksaan.

Mujito, SKM, MMKes, Kepala Puskesmas Wonosobo, Kecamatan Srono mengakui bahwa penyakit saluran pernapasan cukup banyak ditemukan dalam bulan ini. “Yang paling banyak ditemukan adalah ISPA, yakni infeksi saluran pernapasan bagian atas,” ungkapnya saat ditanya koran ini, kemarin.

Sementara itu, common cold atau batuk pilek biasa, cukup banyak ditemukan di Puskesmas Kertosari, Kecamatan Banyuwangi. Menurut drg. Wahyu Primawati, MAP, Kepala Puskesmas Kertosari, ada sepuluh penyakit yang mendominasi selama bulan Oktober 2012. Selain common cold, gastritis juga diderita banyak pasien. Gastritis adalah penyakit radang selaput lendir pada lambung. Ini dapat diartikan bahwa sel-sel darah putih pindah ke dinding perut sebagai respons terhadap beberapa jenis cedera pada lambung.

Gastritis adalah penyakit yang sangat mengganggu dan dapat menimbulkan masalah yang mengancam di kehidupan orang banyak, apabila tidak diobati sebelum terlambat. “Di urutan ketiga adalah penyakit Myalgia, yaitu nyeri otot,” ungkapnya kepada RaBa, kemarin. Di urutan keempat, lanjut Wahyu, penyakit Faringitis, yakni suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorokan atau hulu kerongkongan.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2