Tujuh Hari Pasok 2,5 Ton Lele Segar ke Bali

0
319

leleMUNCAR – Selain menjadi penghasil ikan laut, Kecamatan Muncar ternyata memiliki potensi ikan air tawar yang cukup besar. Dalam satu minggu, Kecamatan Muncar memasok sekitar 2,5 ton ikan lele segar ke Bali. Pasokan ikan lele segar itu dilakukan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Raja Lele milik H. Muhammad Samsul Arifin di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar. P2MKP itu berdiri pada tahun 2014 di atas lahan seluas 1.200 meter persegi, dengan total luas kolam 600 meter persegi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pusat pelatihan ini memiliki 36 kolam dan menjadi sering jujugan banyak petani dan nelayan. “Kapasitas kolam sekitar 200 ribu benih sekali tebar. Proses produksi membutuhkan waktu sekitar tiga bulan,” ungkap Samsul. Dari 200 ribu benih tersebut, Samsul mengaku bisa mengirim 2,5 ton ikan lele siap konsumsi ke Bali setiap seminggu sekali. Setiap setengah bulan sekali, petani melakukan grading yakni pemisahan ikan sesuai ukuran untuk mengurangi tingkat kanibalisme. 

Saat ditebar, benih memiliki ukuran yang sama. Namun dalam perkembangannya, pertumbuhan ukuran tubuh ikan berbeda- beda. Ikan yang siap panen, dijual bertahap kepada pengepul sesuai dengan ukuran. Hasil budi daya ini tidak hanya untuk memenuhi pangsa pasar lokal, kata Samsul, tetapi juga untuk dikirim ke luar daerah seperti. Selain ke Bali, ikan lele juga dikirim ke Gresik dan Lamongan.

Khusus untuk Bali, Samsul menjual hasil produksinya siap dikonsumsi. Sedangkan untuk Gresik dan Lamongan, yang dijual berupa bibit lele. “Yang kami kirim ke Bali, satu kilo berisi delapan ekor,” katanya. Sedangkan untuk pasar lokal, dalam satu kilo berisi 12 hingga 13 ekor ikan dengan harga jual Rp 13.500 hingga Rp 14 ribu dalam satu kilogram. Selain mengirim ke Bali, Gresik dan Lamongan, Samsul juga mengirim ke beberapa daerah lain tapi jumlahnya sedikit. (radar)