Tunggu Enam Bulan untuk Adopsi Bayi

0
2209

tungguBANYUWANGI – Bayi yang ditelantarkan orang tuanya di Rumah Sakit Islam (RSI) Fatimah, Banyuwangi, tampaknya butuh waktu lama untuk diadopsi. Sebab, sesuai aturan, bayi baru boleh diadopsi minimal berusia enam bulan. Bayi perempuan tersebut dijemput petugas Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Timur kemarin (21/5). Selanjutnya, bayi yang lahir 16 April 2013 melalui operasi caesar itu akan dirawat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Sosial Asuhan Balita (PSAB) Sidoarjo.

“Kita melaksanakan prosedur terhadap anak yang akan diadopsi,” terang Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Banyuwangi, Syaiful Alam Sudrajat. Sejak lahir 16 April 2013 lalu, bayi tersebut dirawat pihak RSI Fatimah Banyuwangi Meski sudah diserahkan kepada Dinsosnakertrans Banyuwangi, tapi perawatannya tetap ditangani rumah sakit di Desa Kalirejo, Kecamatan Kabat, tersebut.

“Warga yang ingin mengadopsi (bayi malang) itu sudah banyak, tapi prosedurnya harus melalui Dinsos Provinsi Jatim,” jelas Alam. Kemarin rombongan Dinsos Jatim itu datang ke RSI Fatimah untuk melihat bayi tersebut. Dipimpin Kepala Seksi (kasi) Pembinaan dan Pengembangan Lanjut UPT PSAB Dinsos Provinsi Jawa Timur Dwi Antini, mereka langsung membawa bayi yang lahir dengan berat tiga kilogram dan panjang 49 centimeter itu.

Loading...

Sebelum bayi itu dibawa ke Sidoarjo, dilakukan penandatanganan serah-terima di kantor RSI Fatimah. Dalam acara itu, hadir Kepala Dinsosnakertrans Banyuwangi Syaiful Alam Sudrajat, Direktur RSI Fatimah dr. Rusdi Dziban SpB, Kapolsek Kabat Iptu A. Imron, dan Dwi Antini dari Dinsos Jawa Timur. “Dengan serah-terima ini, berarti bayi ini menjadi tanggung jawab Dinsos Jatim,” ungkapnya.

Dalam serah terima ini, semua sepakat memberi nama bayi yang telah ditinggal kabur Aditya, 29, dan Arini Mayangsari, 23, orang tua kandungnya, itu. Sebab, hingga saat ini bocah malang itu belum diberi nama. “Saya usul namanya Siti Fatimah,” cetus Humas RSI Fatimah Ainur Rofi q. Usul Rofi q itu ternyata diterima semua yang hadir dalam serah-terima itu. Sejak kemarin bayi itu resmi diberi nama Siti Fatimah.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Kakek Berusia 60 Tahun Ditemukan Meninggal Dunia di Rumahnya