Unik, Pemuda Desa Aliyan Tabuh Gamelan Keliling Kampung Bangunkan Orang Saur

0
779

Sekelompok-warga-Dusun-Bolot,-Desa-Aliyan,-Kecamatan-Rogojampi,-menabuh-gamelan-di-atas-pikap-saat-membangunkan-warga-yang-akan-sahur-dini-hari-kemarin

ROGOJAMPI – Ada-ada saja yang dilakukan sekelompok pemuda asal Dusun Bolot, Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, selama Ramadan ini. Untuk membangunkan warga yang akan sahur, mereka keliling dari kampung ke kampung sambil menabuh gamelan di atas mobil pikap.

Kegiatan itu ternyata sudah rutin dilakukan setiap Ramadan. Menabuh gamelan keliling kampung itu dilakukan setelah hari kesepuluh Ramadan. “Biasanya itu hari kesepuluh  dan seterusnya orang mulai malas bangun sahur,” cetus Anton Sujarwo, 34, koordinator warga.

Dengan menggunakan alat musik kendang, kempul, gong, angklung, dan biola, mereka bersama delapan wiyogo berkeliling dari kampung ke kampung naik mobil pikap. “Kita juga ada sindennya,” katanya. Kegiatan gugah-gugah sahur (membangunkan sahur) itu dimulai  pukul 01.00 hingga pukul 03.00.

Para wiyogo yang sebagian besar masih remaja itu mulai berkumpul pada pukul 24.00 dan langsung melakukan persiapan. Baru pada pukul 01.00 mereka keliling ke kampung tetangga, seperti Desa Wonosobo, Desa Gintangan, Desa  Gumuk Agung, Desa Kaligung, dan Desa Singojuruh.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Kakek Berusia 60 Tahun Ditemukan Meninggal Dunia di Rumahnya