Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Unik, Pohon Pisang di Banyuwangi Berbuah di Tengah Batang

Foto: detik
Foto: detik

BANYUWANGI – Jika biasanya pohon pisang berbuah di ujung batang, tidak dengan pohon pisang yang berada di Lingkungan Kaliasin, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan/Kabupaten Banyuwangi. Warga dibuat heran dengan pohon pisang yang berbuah di bagian batangnya.

Dilansir dari detikcom, buah pisang ‘Barlin’ ini muncul ditengah-tengah batang yang tumbuh liar di dekat halaman sebuah hotel di Banyuwangi.

Adapun proses buah tak lazim ini pertama kali ditemukan oleh pemiliknya, yakni Brian Liberty Nuach (30).

Saat itu, Brian akan membersihkan pohon pisang yang tumbuh liar tersebut. Tanpa disengaja, dia menemukan pohon pisang yang mengembang di bagian batang. Padahal, pohon pisang lainnya tetap berbuah seperti lazimnya pohon pisang lain.

Dan, dari batang itu terdapat celah yang muncul bunga pisang. Akibat penasaran, dirinya langsung mengamati keanehan pisang itu.

“Saya temukan sekitar tanggal 30 April lalu. Saya lihat ada bunga pisang yang muncul di tengah pohon pisang Berlin ini,” ujarnya, Minggu (5/5/2019).

Beberapa hari kemudian, sang pemilik mencoba membuka celah itu, untuk mengeluarkan bunga yang sudah menjadi buah. Ini untuk memastikan jika memang pohon pisang itu benar-benar berbuah di batang.

“Sempat saya buka celah itu untuk mengeluarkan buahnya. Buat bebas dan tumbuh besar. Meski begitu pohonnya tetap tumbuh dan tidak layu,” imbuhnya.

Penemuan pohon pisang aneh ini membuat beberapa warga berbondong-bondong datang ke lokasi. Mereka mengabadikan momen langka itu untuk kemudian diunggah di medsos.

Tak hanya itu, sebagian warga juga sempat menghubungkan kejadian aneh itu dengan klenik. Namun dibantah oleh sang pemilik.

“Jangan semuanya dihubungkan dengan klenik. Saya anggap ini anugerah sang kuasa,” pungkasnya.

Salah satu warga sekitar Mayar berpesan kepada pemilik pohon pisang itu untuk merawat dan membiarkan pohon pisang berbuah tak lazim ini tetap tumbuh.

“Jangan sampai ditebang. Biar tumbuh dengan alami. Meski buahnya sedikit tapi ada keanehan pada pohon ini,” katanya.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE