Usia Pendonor Minimal 17 Tahun

0
218

usiaBANYUWANGI – Meski warga masyarakat yang berminat ikut donor darah cukup besar, ternyata tak semuanya bisa terpenuhi. Pasalnya, ada syarat-syarat yang harus dipatuhi oleh pendonor selain harus sehat jasmani dan rohani. Di antaranya untuk orang yang baru pertama kali melakukan donor darah minimal usianya harus 17 tahun dan maksimal 55. Berat badan pendonor juga tak boleh kurang dari 45 kg.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selain itu, wanita yang sedang hamil, menyusui, menstruasi dan menopause juga dilarang menjadi peserta donor darah,’’ tandas Nurhadi, ketua PMI Cabang Banyuwangi seusai rapat teknis panitia Banyuwangi Peduli di kantornya kemarin. Persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh pendonor antara  lain temperatur tubuh 36,6 – 37,5 derajat celsius, denyut nadi teratur 50-100 kali per menit. Tekanan darahnya juga harus baik, yaitu 110-160 mm Hg (sistole) dan 70 – 100 mm Hg (diastole).

Haemoglobin untuk wanita minimal 12 gr persen dan pria 12,5 gr persen. Karena itu, Nurhadi menyampaikan permohonan maaf kepada warga masyarakat yang berminat donor darah tapi karena terkendala persyaratan itu akhirnya tidak bisa ikut berpartisipasi. ‘’Yang juga sangat penting untuk diperhatikan, para calon pendonor tidak mengonsumsi obatobatan anti nyeri dan jamu tiga hari sebelum waktunya donor darah,’’ tambahnya. (radar)

Loading...