Vakum Tanpa Kades di 95 Desa

0
407

Pelantikan Masal Hasil Pilkades Digelar 4 Oktober

BANYUWANGI – Terhitung mulai kemarin (29/9), sebanyak 95 kepala desa (kades) se Banyuwangi resmi mengakhiri masa jabatannya. Dengan berakhirnya masa jabatan puluhan kades itu, maka saat itu pula, 95 desa menjadi vakum alias tidak memiliki kades. Untuk sementara, kendali pemerintah desa dipegang sekretaris desa (sekdes) sampai 95 calon kades terpilih resmi dilantik. Rencananya, 95 calon kades terpilih itu akan dilantik pada 4 Oktober 2013 mendatang.

“Acara pelantikan masal 95 kades terpilih sudah diputuskan digelar pada 4 Oktober 2013 mendatang,” ungkap Kabag Pemerintahan Pemkab Banyuwangi, Anacleto Da Silva kemarin (29/9). Keputusan pelantikan 4 Oktober 2013, kata Anacleto, sudah mempertimbangkan banyak aspek. Salah satunya, kekosongan jabatan kades di 95 desa karena periode masa jabatannya sudah berakhir. Walau pelantikan kades terpilih baru digelar pada 4 Oktober, lanjut Anacleto, namun pemerintah daerah memutuskan untuk tidak menunjuk pejabat (Pj) kepala desa.

Pertimbangannya, karena tenggang waktu berakhir masa jabatan kades lama dengan pelantikan kades baru hanya beberapa hari saja. Masa jabatan 95 kades berakhir pada Hari Minggu 29 September 2013 kemarin. Sementara pelantikan 95 kades baru hasil pemilihan 4 dan 5 September lalu itu, akan digelar pada Jumat mendatang (4/10). Dengan demikian, ada kekosongan jabatan kades di 95 desa selama lima hari.

“Selama lima hari itu, secara otomatis tanggung jawab kendali pemerintahan desa dipegang sekretaris desa,” ungkap Anacleto Walau tidak ada kades, Anacleto percaya pelayanan publik di 95 desa itu akan tetap berlangsung dengan baik. “Pelantikan 95 kades baru itu akan digelar setelah salat Jumat secara masal di depan kantor Pemkab Banyuwangi,” kata Anacleto.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Diskusi Bareng Putri Tanjung, Milenial Banyuwangi Disemangati Berbisnis sejak Muda