Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Warga Banyuwangi Tak Perlu Panik, Gunung Raung Masih Level Normal

Nampak Visual G. Raung Dari Mangaran, Kec. Songgon, Banyuwangi, Kamis (16/12). (Jaenudin/Banyuwangihits.id)

Bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang telah membuat masyarakat yang bermukim di lereng Gunung Raung menjadi was-was.

Namun, warga tak perlu panik karena setiap saat Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung terus meng-update status gunung setinggi 3332 mdpl itu.

Pantauan pada Kamis (16/12/2021) hari ini, aktifitas Gunung Api Raung masih terbilang aman.

Kapolsek Songgon, IPTU Eko Darmawan mengatakan, berdasarkan laporan dari PPGA Ruang yang berada di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, cuaca disekitar Gunung Raung berawan, mendung, dan hujan.

“Angin bertiup lemah ke arah utara dan selatan. Suhu udara 21-30 °C. Volume curah hujan 27.4 mm per hari, Visual Gunung jelas hingga kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati,” ujar Eko, Kamis (16/12/2021).

Sedangkan kegempaan tektonik jauh sebanyak 22 kali, Amplitudo : 2-32 mm, S-P : 13-45 detik, dengan durasi 47-287 detik.

“Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-3 mm (dominan 0.5 mm),” ungkap Eko.

Sementara tingkat aktivitas titik gunung Api Raung berada pada level I alias normal. Sampai saat ini situasi wilayah Kecamatan Songgon dalam keadaan aman terkendali.

Atas kejadian bencana alam di Gunung Semeru Lumajang, Kapolsek Songgon mengimbau kepada masyarakat agar tidak terlalu panik.

“Waspada dan hati-hati perlu, namun terlalu panik berlebih juga tidak baik,” pungkas Kapolsek Songgon, IPTU Eko Darmawan.

SUmber : https://banyuwangihits.id/berita/warga-banyuwangi-tak-perlu-panik-gunung-raung-masih-level-normal.html#adsKiri_UP1

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE