Wujudkan Anak Sehat, Latih Kader Kesehatan

0
146

PURWOHARJO – Kesehatan tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas kesehatan. Namun juga menjadi tanggung jawab setiap individu, keluarga, dan masyarakat. Karena itu, untuk meningkatkan kualitas kader kesehatan yang bersumber dari masyarakat, digelar pelatihan Harga Pas tingkat Kecamatan Purwoharjo. Acara yang digelar di Aula Puskesmas Grajagan itu berlangsung Sabtu (20/3) lalu. Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan peran masyarakat dalam kemandirian, kerjasama dengan lembagalembaga non pemerintah.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Visinya adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas jejaring kelembagaan dan organisasi non pemerintah dan masyarakat. Selain itu, memperkuat peran aktif masyarakat dalam setiap tahap dan proses pembangunan melalui peningkatan jaringan kemitraan dengan masyarakat. Kepala Puskesmas Grajagan H.M. Sutoyo, SKM.MM mengatakan, pelatihan yang bertema ”Bersama Kader Harga Pas Kita Wujudkan Anak Sehat, Cerdas dan Berkualitas itu diikuti 50 kader kesehatan. ”Terselenggaranya acara ini berkat dukungan Camat Purwoharjo Drs. Zen Kostolani, M.Si, beserta para kepala desa se-wilayah kerja Puskesmas Grajagan,’’ kata Sutoyo.

Loading...

Ditambahkan, menindaklanjuti program MDGs yang menjadi tujuan pembangunan, pada hakekatnya sudah dilaksanakan para kader di wilayah kerja Kecamatan Purwoharjo. Misalnya kegiatan di Posyandu seperti memberantas kemiskinan dan kelaparan. ”Upaya tersebut sudah dilaksanakan melalui pemberian PMT penyuluhan di Posyandu dengan mengoptimalkan lahan untuk penanaman karang kitri, dll,’’ imbuh Sutoyo. Sementara itu, Camat Purwoharjo Zen Kostolani berharap, setelah penataran ini para kader bisa memberikan manfaat yang nyata dan jelas bagi masyarakat. ”Sehingga nantinya sudah tidak ada lagi kejadian gizi buruk di wilayah Purwoharjo,” pungkasnya. (radar)

Loading...