215 Personel Polisi Amankan Masa Tenang

0
141

Dana Pengamanan Dijatah Rp 4 M

BANYUWANGI – Polres Banyuwangi berencana menurunkan 450 personel untuk pengaman pemilihan bupati (pilbup) Desember 2015 mendatang. Sebanyak 215 personel ditugaskan  mengamankan masa tenang, pemungutan  dan penghitungan  suara diamankan  850 personel,  penetapan hasil penghitungan suara 450  personel, dan pelantikan  500 personel.

Beberapa tempat pemungutan suara (TPS) se-Banyuwangi  juga mendapat perhatian.  Pihaknya akan memprioritaskan pengamanan di TPSTPS terpencil, misalnya  di wilayah Kecamatan Kalibaru, Pesanggaran, dan Wongsorejo.

Sebab, TPS yang berlokasi di tempat terpencil  berpotensi kurang terpantau saksi paslon.  Sementara itu, rasa aman dan nyaman saat pelaksanaan  pemilihan bupati dan wakil bupati (pilbub)  Desember 2015 mendatang menjadi arga mati bagi  aparat keamanan.

Selain ditunjang dukungan personel  keamanan dari berbagai komponen, mulai kepolisian, TNI, hingga Linmas. Pilkada tersebut juga dilengkapi dana pengamanan yang suda h disiapkan pemerintah daerah. Seperti termaktub dalam APBD 2015, anggaran pilkada senilai Rp 54,7 miliar.

Dana tersebut berbentuk dana hibah untuk  membiayai keperluan pilbub  mendatang. Rinciannya KPU mendapat suplai Rp 40 miliar,  Panwaslu Rp 9,7 miliar, sisanya   sebesar Rp 4,080 miliar untuk  dana pengamanan.

Loading...

Dikonfirmasi terkait dana pengamanan yang disediakan  tersebut, Kabag Ops Polres Banyuwangi Kompol Sujarwo membenarkan nilai anggaran keamanan pilbup itu. Sesuai pengajuan dan revisi yang telah dilakukan, dana pengamanan  pilbub mendatang sebesar Rp  4,080 miliar.

“Itu dananya sudah sebesar itu,” katanya. Menurut Sujarwo, dana yang ditetapkan itu sudah sesuai revisi yang telah dilakukan aparat  keamanan. Dana itu sudah disesuaikan  tahap dan pelaksanaan  pilbup. Total anggaran sebesar itu dirasa sudah cukup untuk membiayai pengamanan  pilbup.

Polres Banyuwangi berencana menurunkan 450 personel untuk pengaman pemilihan bupati (pilbup) mendatang. Sebanyak 215 personel ditugaskan mengamankan masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara diamankan  850 personel, penetapan hasil  penghitungan suara 450 personel,  dan pelantikan 500 personel.

Beberapa tempat pemungutan suara (TPS) se-Banyuwangi juga mendapat perhatian. Pihaknya akan memprioritaskan pengamanan di TPSTPS terpencil, misalnya di wilayah Kecamatan Kalibaru, Pesanggaran, dan Wongsorejo. Sebab, TPS yang berlokasi di  tempat terpencil berpotensi  kurang terpantau saksi paslon. (radar)

Loading...

Baca Juga :