Gunung Raung Potensi Meletus Lebih Besar dari Gunung Agung

0
230
Loading...

BANYUWANGI – Potensi meletusnya Gunung Raung lebih dahsyat di banding Gunung Agung Bali, karena diameter kawahnya mencapai 2 KM. Gunung yang memiliki ketinggian 3.344 mdpl ini adalah gunung berapi kerucut yang terletak di ujung timur Pulau Jawa.

Secara administrative, kawasan gunung ini termasuk dalam area 3 kabupetan di wilayah Besuki yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember.

Kepala Badan Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharam mengatakan, Gunung Raung ini merupakan gunung berapi aktif yang sewaktu waktu bisa meningkat aktifitas Vulkaniknya hingga terjadi erupsi. Kawasan bahaya gunung ini berada pada radius 8 KM dari puncak kawah, sehingga di area radius ini tidak di perbolehkan terlalu banyak pemukiman penduduk.

“Jika terjadi erupsi, di perkirakan muntahan materialnya bisa mencapai radius 10 hingga 15 KM karena diameter kawahnya mencapai 2 KM,” kata Eka.

“Indeks resiko ancamannya cukup besar di banding Gunung Agung Bali yang hanya memiliki kawah berdiameter 1 KM,” imbuhnya.

Dan daerah yang di perkirakan akan terdampak adalah di wilayah Kecamatan Kalibaru, Glenmore, Sempu dan Songgon. Sementara jumlah penduduk yang bermukim di sejumlah daerah tersebut mencapai 200 ribuan jiwa.

“Selain itu ada aliran sungai yang bermuara di Gunung Raung yang di anggap memberikan ancaman cukup besar,” ujar Eka.

Dia menjelaskan, selain pemukiman penduduk, tentunya yang paling terdampak adalah lahan lahan pertanian. Sementara itu, untuk Gunung Ijen hanya memiliki diameter kawah sebesar 1 KM sehingga radius bahayanya juga sejauh 1 KM.

Secara geografis, lokasi Gunung Raung ini berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut. Dihitung dari titik tertinggi, Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa.

Kaldera Gunung Raung juga merupakan kaldera kering yang terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat. Di Gunung Raung ini terdapat empat titik puncak, yaitu Puncak Bendera, Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi dan yang tertinggi adalah Puncak Sejati (3.344 m)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :