Libur Sekolah dan Natal, Pantai Boom dan Cacalan Ramai Pengunjung

0
105
Loading...

BANYUWANGI – Destinasi wisata Pantai Boom dan Cacalan mendadak ramai pengunjung pada hari Senin kemarin (25/12). Dua destinasi yang masih dalam tahap pengembangan tersebut berhasil menarik wisatawan untuk melirik pesona pantai tersebut.

Labib, 17, salah satu pengunjung dari MAN 1 Genteng mengungkapkan alasan dirinya memilih Pantai Boom sebagai tempat berlibur. ”Saya memilih berlibur di Pantai Boom karena memang udaranya yang lebih segar dan panoramanya yang indah,” tutur Labib saat diwawancarai Jawa Pos Radar Banyuwangi.

Hal senada disampaikan Sidra, 42, pengunjung asal Kediri. Dia mengaku datang seorang diri ke Banyuwangi semata ingin tahu tempat wisata di Bumi Blambangan. ”Saya dua kali ini datang ke Banyuwangi. Pertama ke Gunung Ijen, sekarang tujuan saya ke Pulau Merah dan Pantai Boom,” ucap pria berusia 42 tahun itu.

Libur sekolah dan Natal tidak hanya memberi keberkahan kepada para pengunjung saja. Ramainya tempat wisata di kabupaten berjuluk Sunrise of Java ini juga memberikan berkah tersendiri kepada para pedagang dan layanan penyedia jasa.

Seperti yang diungkapkan Yuliani, salah satu pedagang layangan di Pantai Boom. Pada libur panjang kali ini, omzet penjualan layangan meningkat sekitar 20 persen daripada hari-hari biasa. ”Biasanya layangan saya sedikit yang laku. Tapi sekarang belum siang sudah sekitar 20 yang terjual,” tutur wanita 46 tahun itu.

Tak hanya Yuliani, hal senada dirasakan Muttabiin, 33, penyedia jasa payung santai. Dia  mengaku bersyukur dengan banyaknya wisatawan yang mengunjungi Pantai Boom. Libur panjang  berdampak terhadap pemasukan yang akan dia  peroleh.

Membeludaknya wisatawan juga terjadi di Pantai Cacalan. Kunjungan wisatawan di pantai yang baru berumur satu tahun sejak diresmikan itu terbilang tinggi. Seperti yang diungkapkan  Mohammad Hariyanto, 40, salah satu Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Cacalan.

”Jumlah wisatawan lumayan banyak. Akan tetapi kami terus berusaha mengembangkan dan membuat pembaharuan terhadap hiburan yang ada di tempat ini. Salah satunya dengan penambahan ucapan selamat datang sebagai ikon Cacalan dan pengadaan fasilitas umum, seperti WC dan fasilitas umum lainnya,” ucap pemuda yang karib disapa Yanto itu.

Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata M. Yanuarto Bramuda mengadakan rapat dengan perwakilan Pokdarwis dari empat pantai. Empat pantai tersebut adalah Cacalan, Marina Boom, Bunder, dan Grand Watu Dodol.

Rapat pada Jumat (22/12) itu membahas upaya pengembangan wisata khususnya untuk menghadapi hari-hari libur nasional dan peringatan tahun baru. Dalam rapat kala itu, lelaki yang karib disapa Bram tersebut meminta kepada peserta rapat agar turut berupaya membangun dan memberi keunikan untuk mengembangkan wisata yang ada di Banyuwangi.

Pihaknya bersama Pokdarwis sepakat untuk meningkatkan layanan wisata di Banyuwangi. Salah satunya dengan mengadakan pembaruan dan penambahan hiburan-hiburan di area wisata.

”Persiapan dan pembenahan sudah mulai kita lakukan. Kita akan tahu puncak pengunjung pada perayaan Tahun Baru nanti,” tutur Bram. (radar)

Loading...