Sehari Dibuka, Pelabuhan Ketapang Full Kendaraan

0
151

KALIPURO – Peringatan Hari Raya Nyepi di Bali telah usai. Pelabuhan Ketapang–Gilimanuk resmi di buka kembali sekitar pukul 05.00, Rabu (29/3), kemarin. Jika sebelumnya pelabuhan kondisinya kosong melompong, saat dibuka kembali  kemarin, pelabuhan langsung dipadati kendaraan yang menuju Pulau Bali.

Saking banyaknya, kendaraan  pun sampai meluber ke jalan raya hingga Terminal Sritanjung, Dusun Selogiri, Kalipuro. Empat kantong parkir yang disediakan untuk menampung lonjakan  kendaraan pun full kendaraan sejak Selasa (28/3), malam hingga  siang hari kemarin.

Hingga sore hari kemarin, kendaraan masih terus mengalir menuju Pelabuhan Ketapang. Namun, secara umum kondisi lalu-lintas di jalan raya luar pelabuhan terlihat lebih lancar karena petugas kepolisian bekerja ekstra mengatur kendaraan yang akan masuk ke Pelabuhan Ketapang.

Pantauan Jawa Pos Radar  Banyuwangi, kendaraan mulai mengalir masuk pelabuhan sejak pukul 01.00, kemarin. Hingga pagi hari kemarin, kendaraan  semakin banyak saja menuju  Pelabuhan Ketapang hingga membuat halaman parkir pelabuhan dipenuhi kendaraan.

Karena jumlah kendaraan terus bertambah, pihak kepolisian pun memanfaatkan kantong parkir yang ada untuk disingahi kendaraan agar tidak mengantre di jalan raya. Kapolsek Kawasan Pelabuhan  Tanjung Wangi (KPT), AKP Sudarmaji mengatakan, secara  umum untuk antrean kendaraan yang menuju pelabuhan   tahun ini relatif lebih aman.

Selain karena skeneario pengalihan arus ke Jalan Lingkar Ketapang bagi kendaraan dari arah selatan, pengoptimalan kantong-kantong parkir di luar pelabuhan juga sudah berjalan dengan baik. ”Kendaraan masuk ke kantong parkir. Itu untuk memecah kepadatan  agar tidak terlalu krodit di jalan  raya,” kata Sudarmaji.

Dia menambahkan, untuk dominasi kendaraan yang melintas menuju pelabuhan hampir  merata, baik kendaraan roda  dua, roda empat dan truk juga banyak yang menyerbu menuju  Pulau Bali pasca dibuka kembali pelabuhan. Dia memprediksi, kendaraan yang menuju Bali  masih terus mengalir hingga  beberapa hari ke depan.

”Prediksi macetnya mungkin hanya sehari (kemarin) ini saja karena pelabuhan baru dibuka. Besok (hari ini) masih terus berlanjut  tapi mengalir saja,” tandasnya. Dari data angkutan Nyepi ASDP  Ketapang H-4 sampai hari H Nyepi kemarin, jumlah kendaraan roda dua yang menyeberang meninggalkan Bali menuju Jawa ada  sekitar 25.525 unit, untuk roda  empat ada sekitar 17.185 unit dan  sementara untuk penumpang  ada sekitar 135.793 orang yang menuju Pulau Jawa.

”Dibandingkan data produksi yang meningalkan Bali lalu, sehari ini masih 50 persen yang kembali lagi ke Pulau Bali dari Pelabuhan Ketapang,”  kata General Manajer (GM) PT.  Indonesia Ferry (Persero) ASDP Ketapang, M. Yusuf Hadi. Yusuf menambahkan, untuk  jumlah kendaraan yang kembali  menuju Pulau Bali dari Pelabuhan Ketapang sehari kemarin  diperkirakan mencapai ribuan,  Rinciannya untuk roda dua ada  sekitar 2.500 unit, mobil pribadi ada sekitar 1.200 unit dan  truk ada skeitar 600 unit saja  yang diseberangkan menuju Bali hingga sore hari kemarin.

”Prediksi kami truk akan mulai  ramai besok (hari ini). Untuk  pengguna jasa kami himbau berangkat siang saja karena malam  cenderung hujan,” kata Yusuf.  Karena kondisi kendaraan  yang mengantre di pelabuhan  kemarin termasuk dalam kategori sangat padat, pihak ASDP  Ketapang juga telah melakukan  skenario percepatan pemuatan kendaraan di dalam kapal.

Waktu bongkar muat dipercepat, yang biasanya untuk satu kapal waktu bongkar muatnya 32 menit, kemarin dipercepat menjadi 25 menit. ”Kita juga sebar  petugas pembagi blanko manifes di luar pelabuhan untuk mempercepat proses masuknya kendaraan ke pelabuhan. Hingga sore ini, antrean tinggal di  dalam pelabuhan saja. Prediksi  dua hari ke depan kendaraan  masih terus menuju Pulau Bali,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Resmi Bukalapak Banyuwangi Melayani pembelian; - Pulsa All operator - Pulsa Listrik - Pulsa internet - Pembelian voucher Game…
09/11/2017
Banyuwangi