Tiga Eksavator Keruk Kolam Pelabuhan Muncar

0
182
Salah satu alat berat eksavator mengeruk lumpur di sekitar Pelabuhan Muncar, kemarin

MUNCAR-Kolam yang selama ini dibuat sandar perahu dan kapal milik para nelayan di Pelabuhan Muncar, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, sudah beberapa bulan terakhir terjadi pendangkalan.

Loading...

Sejumlah kapal penangkap ikan berukuran besar, sering kerepotan untuk masuk ke pelabuhan. Mulai kemarin (23/5), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jatim melakukan pengerukan di pelabuhan dengan menggunakan eksavator.

Untuk pengerukan itu, diterjunkan tiga alat berat sekaligus. Dalam pengerukan itu, tanah dan pasir dari dasar pelabuhan diangkut oleh eksavator dan ditaruh di pinggir dermaga. Selama pengerukan itu, bau tak sedap terasa menyeruak. “Dikeruk karena pelabuhan sudah dangkal,” cetus Kepala Unit Syahbandar Muncar, Umu Farida.

Farida menyebut dengan pengerukan itu diharapkan bisa mempermudah perahu dan kapal keluar dan masuk pelabuhan. “Ini dangkalnya sudah cukup parah,” katanya pada Jawa Pos Radar Genteng.

Menurut Farida, kegiatan pengerukan pelabuhan itu langsung ditangani oleh DKP Provinsi Jatim “Untuk dana dan lain-lainnya, semuanya langsung dari DKP Provinsi Jatim,” ungkapnya (radar)

loading...

Kata kunci yang digunakan :