Tiga Jam 9.000 Liter Air Ludes

0
121
Warga Dusun Pancoran, Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo, antre mendapatkan air bersih yang digerojok pakai kendaraan Water Canon Polres Banyuwangi, sore kemarin.

WONGSOREJO – Satuan Sabhara Polres Banyuwangi membagikan 9.000 liter air bersih di Dusun Pancoran, Desa Sidowangi, Kecamatan Wongsorejo, Selasa sore kemarin (12/9). Pembagian bantuan air layak konsumsi itu digelar menggunakan mobil Water Canon yang biasa digunakan untuk menghalau massa pendemo.

Pembagian air bersih itu dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara AKP Basowi Alwi dan Kapolsek Wongsorejo Iptu Kusmin. Selama perjalanan, kendaraan water Canon tersebut dikawal mobil patwal, mobil sabhara, K-9, dan security barrier milik Satsabhara Polres Banyuwangi.

Loading...

Iring-iringan mobil Armor Water Canon (AWC) milik Polres Banyuwangi sangat mengejutkan sejumlah warga yang berada di pelosok pedesaan. “Saya sempat kaget, ada apa kok banyak mobil polisi masuk kampung,” ujar Nurhayati, warga Dusun Sidodadi.

Setelah mengetahui jika mobil tersebut akan membagikan air bersih, dia langsung bergegas mengambil jeriken dan ember untuk ikut mengantre mendapatkan air. “Saya tidak mengira kalau Pak Polisi mau memperhatikan kami yang ada di pelosok dengan membagikan air bersih,” kata Nurhayati dengan raut muka penuh gembira.

Distribusi bersih dimulai pukul 13.00 dan berakhir pukul 16.00. Dalam tiga jam, ribuan liter air bersih tersebut ludes. “Yang tahu medan (wilayah) adalah Kapolsek Wongsorejo. Pendistribusian air ini merupakan program dari Bapak Kapolres untuk membantu warga yang kesulitan air bersih,” ujar Kasat Sabhara AKP Basori Alwi.

Kapasitas kendaraan AWC mampu membawa 10 ribu liter air bersih. Sedangkan yang dibagikan kepada warga hanya 9.000 liter. Air bersih yang dibagikan itu adalah air layak konsumsi yang didapatkan langsung dari tangki milik PDAM. Seluruh air bersih tersebut disalurkan kepada 600 warga yang mengalami dampak kehilangan air bersih di Dusun Pancoran, Desa Sidowangi.

Dengan tertib ratusan warga mengantre menggunakan alat penampung air seperti jeriken, timba (ember), tong plastik, dan alat penampungan air seadanya. Tidak hanya itu, mobil AWC juga mengisi air bersih pada fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti tandan milik sekolah, musala, dan masjid yang membutuhkan air bersih.

“Kita ingin berbagi kepada masyarakat yang sedang kekurangan air,” tandas Basori Alwi. (radar)

loading...