Tunjukkan KTP, Periksa Kesehatan di Mall Pelayanan Publik Gratis

0
140
Periksa Kesehatan di Mall Pelayanan Publik Gratis

BANYUWANGI – Tidak perlu persyaratan berbelit untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis di Banyuwangi. Pasalnya, layanan yang disediakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi di Mall Pelayanan Publik cukup menunjukkan KTP. Terutama untuk periksa kadar gula darah, tensi darah dan kolesterol.

“Cukup dengan syarat bawa KTP saja, hanya untuk memasukkan NIK nya. Yang jaga di sini gantian, bergilir dari 45 Puskesmas di Banyuwangi,” ujar Novi petugas jaga layanan kesalahan di Mall Pelayanan Publik, Selasa (24/10).

Dia mengatakan pemeriksaan kesehatan gratis di luar Mall Pelayanan Publik, misalnya di Puskesmas, harus menyertakan kartu BPJS atau ikut dalam program jaminan kesehatan masyarakat miskin dari Pemkab Banyuwangi.

“Kalau di Puskesmas gratis untuk yang punya BPJS. Kalau kategori masyarakat tidak mendapat jaminan masih bayar,” ujarnya.

Loading...

Layanan periksa gula darah dan kolesterol di Mall Pelayanan Publik merupakan program Gerakan Masyarakat Sehat (Gemas) dari Kementerian Kesehatan untuk mencegah angka penyakit tidak menular. Berdasarkan kasus kematian akibat penyakit tidak menular seperti stroke, diabetes, dan jantung meningkat beberapa tahun terakhir.

“Jargonnya olahraga teratur, makan sayur, buah dan pemeriksaan rutin kesehatan penyakit tidak menular. 5 tahun ke belakang, banyak kasus meninggal penyakit tidak menular meningkat,” ujar Budi Wahono petugas jaga gilir lain, dari Puskesmas Gendoh, Banyuwangi.

Tidak hanya periksa kesehatan, di Mall Pelayanan Publik warga bisa sekaligus mengurus berbagai layanan administrasi yang disediakan. Berbagai urusan pembuatan KTP, KK, Surat Keterangan Miskin, SIM, Izin usaha dan 80 jenis administrasi tersedia di Mall Pelayanan Publik.

loading...