Universitas Brawijaya Terima Mahasiswa Beasiswa ‘Banyuwangi Cerdas’

0
125
Bupati Abdullah Azwar Anas berfoto bersama mahasiswa penerima beasiswa Banyuwangi Cerdas

BANYUWANGI – Universitas Brawijaya (Unibraw) segera merealisasikan kerja sama bidang pendidikan dengan Pemkab Banyuwangi. Kerja sama itu antara lain penerimaan mahasiswa dengan pembiayaan beasiswa.

Hal itu ditegaskan Wakil Rektor IV Universitas Brawijaya (Unibraw) Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati saat berkunjung ke Banyuwangi, Selasa (19/12).

Dijelaskan Sasmito, pemkab dan Unibraw sebelumnya telah menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama bidang pendidikan.

“Kami ingin MoU ini segera direalisasikan sehingga kami datang ke Banyuwangi untuk segera menindaklanjutinya,” ungkap Sasmito.

Salah satu yang akan segera diwujudkan dalam waktu dekat adalah mengembangkan mekanisme seleksi mahasiswa baru. Yaitu seleksi mahasiswa dengan pembiayaan beasiswa.

“Melalui sinergi ini, anak berprestasi yang tidak mempunyai biaya untuk kuliah, bisa kuliah di Unibraw dengan fasilitas beasiswa dari pemda dan rogram ini akan dilaksanakan pada tahun 2018,” papar Sasmito.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sulihtiyono menyatakan akan segera menyosialisasikan program tersebut.

Dan dia bersyukur, siswa berprestasi Banyuwangi memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi. Saat ini, baru empat universitas yang bekerjasama dengan Pemkab Banyuwangi, yakni IAIN Jember, Unej, Unair, dan Universitas terbuka (UT).

“Dengan hadirnya Unibraw ini akan melengkapi pilihan siswa,” ungkap Sulihtiyono.

“Mekanisme penerimaannya cukup mudah,” imbuhnya.

Calon mahasiswa cukup mendaftarkan diri pada jalur mandiri khusus Seleksi Program Kemitraan Daerah (SPKD). Selanjutnya, mereka wajib mengikuti ujian penyaringan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Bagi yang lulus, akan diumumkan melalui website resmi Unibraw,” tutur Sulihtiyono.

Banyuwangi telah memiliki program beasiswa Banyuwangi Cerdas yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi putra putri daerah. Program tersebut dimulai sejak tahun 2011 dengan alokasi dana yang terus meningkat.

Melalui program ini, Pemkab Banyuwangi sudah membiayai sekitar 700 mahasiswa dengan alokasi dana sekitar Rp 15 miliar per 2016.

Loading...