Peserta Gerak Jalan Tembus 14.432 Orang

0
128

BANYUWANGI – Misi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi untuk menggelar Gerak Jalan Tradisional yang lebih tertib dan tertata pada tahun ini sepertinya terpenuhi kemarin (30/8). Gerak jalan tradisional yang dibagi menjadi tiga kategori, berjalan dengan meriah seperti semangat para pesertanya. Apalagi, jumlah peserta untuk semua kategori itu bisa menembus angka 14.432 orang.

Kategori SD/Ml sederajat menjadi pembuka dari tiga katregori tersebut. Start kategori 8 Kilometer (8 Km) ini dimulai di Jalan Simpang Gajah Mada pukul 07.00 kemarin. Tercatat sebanyak 864 regu berpartisipasi dalam kategori ini.

Jika setiap regu berisi 11 orang, maka jumlah peserta kategori SD-MI mencapai 9.306 siswa. Para peserta kelompok 8 Km ini berasal dari seluruh sekolah di Banyuwangi. Kategori SD-Ml ini diberangkatkan oleh Kepala Dispora Banyuwangi Wawan Yadmadi dan Kepala Dinas Pendidikan, Sulihtiyono.

Meski menjadi yang pertama diberangkatkan, rombongan grup kategori 8 Km ini tampak masih belum usai hingga pukul 15:00 sore kemarin. “Tahun ini jumlah peserta jauh lebih banyak. Tahun Sebelumnya hanya sekitar 500-an regu. Sekarang menjadi lebih 800 regu. Ini bukti kalau anak- anak semakin bersemangat. Kita harapkan mereka juga memahami arti kemerdekaan, tidak sekadar gerak jalan,” ujar Kadispendik, Sulihtiyono.

Seperti tahun sebelumnya, rute untuk ketgori SD/Ml dimulai dari jalan Gajah Mada-Jalan Brawijaya-Jalan A Yani- Jalan Dr Soetomo hingga finish di Taman Blambangan. Masyarakat juga tampak begitu ramai menyaksikan rombongan gerak jalan dari atas trotoar dan depan rumah di tepi jalan yang dilalui.

Pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi, kondisi lalu lintas tahun ini juga terlihat lebih rapi karena petugas dari Polres Banyuwangi menata hampir seluruh rute gerak jalan. Sementara itu, di kategori SMP/MTS sederajat dan SMA Putri dimulai dari depan kantor Kecamatan Srono.

Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko memberangkatkan rombongan yang diawali grup yang berisi Forpimda dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Pemberangkatan juga sempat diawali 72 pacu gandrung yang melambangkan 72 tahun peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sedangkan untuk kategori SMA/SMK putra dan kategori Umum putra, start dimulai di depan kantor Camat Gambiran pada pukul 16:00 sore kemarin. Sama seperti kategori SMP/MTs sederajat, kategori ini juga mengambil garis finish di Lincing Rogojampi.

“Ada 240 grup (2640 orang) di kategori SMP dan 226 grup (2.486) di Kategori SMA. Alhamdulillah, dukungan masyarakat tahun ini lebih tertib dan lebih meriah. Di Gambiran tadi pembukaannya ada perwakilan beberapa orang dengan pakaian adat dayak.

Kita berharap seluruh peserta bisa benar-benar merasakan semangat kemerdekaan Jadi mereka akan semakin giat untuk mengisi kemerdekaan Indonesia,” kata Kepala Dispora Banyuwangi, Wawan Yadmadmadi. (radar)

 

Loading...

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Resmi Bukalapak Banyuwangi Melayani pembelian; - Pulsa All operator - Pulsa Listrik - Pulsa internet - Pembelian voucher Game…
09/11/2017
Banyuwangi