27 CJH Gagal Berangkat

0
138

BANYUWANGI – Kementerian Agama Banyuwangi menetapkan 1.053 calon jamaah haji (CJH) yang akan berangkat ke Tanah Suci tahun ini. Jumlah tersebut diketahui setelah para CJH melakukan pelunasan tahap akhir. “Setelah melewati berbagai proses, akhirnya 1.053 orang ditetapkan sebagai calon jamaah haji. Semua sesudah melunasi pembayaran,” ujar Mukhlis, Kasi Pemberangkatan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Februari lalu, sebanyak 1.102 CJH yang mendaftar sudah mulai berkurang menjadi 1.088. Usai pelunasan tahap I, tanggal 11 Juni hingga 10 Juli, CJH Banyuwangi berkurang lagi dan hanya tinggal 1.031 CJH. Pada pelunasan tahap II, 14 hingga 17 Juli, 43 orang-baru muncul untuk mengisi kuota yang ditinggalkan para pendaftar pada pelunasan tahap pertama. Sebanyak 43 orang-baru tersebut merupakan CJH yang terdaftar dalam antrean tahun 2015.  

Loading...

Namun demikian, hanya 16 CJH yang dapat melakukan pelunasan pada tahap II. Sisanya, 27 CJH, urung berangkat haji tahun ini.“Alasan 27 orang yang gugur itu bukan karena belum melunasi pembayaran, tapi mungkin karena faktor internal masing-masing. Alasan internal itu tidak bisa kami ketahui,” jelas Mukhlis. Pelunasan tahap III akan segera dilaksanakan.

Tahap final itu khusus tiga lansia dan seorang pendamping dan sepasang suami istri yang sebelumnya tahun pemberangkatan mereka terpisah. “Pada pelunasan tahap ke-3 bertambah 6 orang. Jadi, total CJH tahun 2014 ini 1.053 orang,” ujarnya. Menurut Muklis, jumlah CJH yang sudah fi xed tersebut masih bisa mengalami pengurangan hingga hari pemberangkatan.  

“Walaupun sudah melunasi pembayaran, bisa saja ada yang melakukan pengunduran diri. Biasanya pengunduran diri dilakukan secara tiba-tiba karena urusan pribadi,” jelasnya. Saat ini Kemenag melakukan berbagai persiapan untuk pemberangkatan CJH. Pemberangkatan CJH Jawa Timur adalah sekitar tanggal 1 hingga 28 September mendatang. Pemberangkatan CJH tiap kabupaten akan diundi lagi. (radar)

Loading...