Berita Terkini Seputar Banyuwangi

6 Cara Mengatasi Rambut Rontok Kembali Subur Secara Alami

Cara mengatasi rambut rontok – Rambut adalah mahkota bagi wanita dan penunjang penampilan bagi pria. Semua orang memimpikan rambut yang indah, lebat, dan mempesona. Namun sayangnya tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Kerontokan rambut yang parah bisa menyebabkan kebotakan terutama bagi pria yang sudah berumur di atas 30 tahun karena kekuatan akar rambut semakin berkurang. Begitu pula dengan wanita yang sering mengeluhkan masalah kerontokan rambut pasca melahirkan. Oleh sebab itu, masalah ini perlu diatasi secepatnya.

Mengatasi rambut rontok ini tidak boleh diatasi dengan sembarangan, salah dalam mengatasi justru akan menimbulkan masalah baru seperti rambut berketombe, timbulnya uban lebih awal, rambut bercabang, dll.

Berikut beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa coba kamu lakukan:

1. Kemiri

Cara pertama adalah dengan menggunakan kemiri. Kandungan pada kemiri terbukti efektif dalam membuat rambut lebih hitam, sehat, berkilau dan tentunya akan membuat rambut menjadi lebih kuat. Jika akar rambutnya kuat tentu saja ketika disisir tidak akan mudah rontok.

Caranya pun sangat mudah sekali yaitu siapkan 10 butir kemiri utuh. Setelah itu tumbuk kasar kemiri tersebut, sangrai sampai warnanya sedikit cokelat kehitaman. Setelah disangrai silahkan tumbuk kembali kemiri hingga halus dan mengeluarkan minyak. Gunakanlah minyak tersebut untuk dioleskan ke kulit kepala sambil melakukan pijat-pijat secara lembut selama 5 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan sampo.

2. Lidah Buaya

Khasiat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Selain bisa digunakan untuk mengatasi kulit kering lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Kandungan aloe vera pada lidah buaya dipercaya bisa membuat kulit rambut lebih sehat sehingga masalah kerontokan bisa dihindari.

Cara mengatasi kerontokan dengan lidah buaya ini pun sangat mudah yaitu ambil satu buah lidah buaya dengan ukuran sedang, cuci hingga benar-benar bersih, setelah itu belah lidah buaya menjadi dua bagian.

Basahi rambut agar terasa lembap lalu usapkan gel lidah buaya tersebut ke kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan lembut, setelah itu diamkan selama 20 menit, dan bilas dengan menggunakan air bersih. Agar hasilnya cepat terlihat dan maksimal lakukanlah cara ini tiga kali dalam seminggu.

3. Yoghurt

Selain bagus untuk pencernaan, yoghurt juga sangat baik untuk mengatasi rambut yang mengalami kerontokan. Kandungan vitamin dan juga mineral yang ada pada yoghurt dipercaya bisa membuat kulit kepala lebih sehat dan akar rambut menjadi lebih kuat. Bagi kamu yang melakukan smoothing dan rebonding pun disarankan untuk mengatasi kerontokan dengan menggunakan yoghurt karena terbukti lebih efektif.

Caranya pun sangat mudah, siapkan yoghurt dengan rasa tawar, kemudian oleskan pada rambut dan kulit rambut. Diamkan selama 15 menit hingga meresap ke dalam kulit kepala, setelah itu cuci rambut dengan menggunakan sampo. Lakukan hal ini tiga kali dalam seminggu agar hasilnya bisa menjadi maksimal.

4. Minyak Esensial

Ada beberapa minyak esensial yang bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok parah. Selain itu,minyak esensial juga bermanfaat untuk mengatasi masalah ketombe dan rambut bercabang. Cara kerja minya ini mirip dengan minyak zaitun, minyak wijen, dan juga minyak kelapa.

Kamu yang punya masalah rambut rontok parah akibat ketombe bisa membalurkan minyak ini secukupnya di rambut dan juga kulit kepala. Setelah itu, lakukan pijatan lembut agar kandungan pada minyak esensial tersebut meresap sempurna pada kulit. Diamkan selama 10 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air bersih. Agar hasilnya maksimal lakukan hal ini dua kali dalam seminggu.

5. Teh Hijau

Kandungan antioksidan pada teh hijau tidak hanya bermanfaat untuk mengecilkan perut buncit saja, namun juga dapat digunakan sebagai cara untuk mengatasi rambut rontok yang parah.

Untuk menerapkannya pun sangat mudah dan praktis. Kamu hanya perlu menyeduh teh hijau panas kemudian diamkan hingga dingin. Setelah dingin, basuhkan air teh tersebut ke seluruh bagian rambut dan juga ke kulit kepala. Diamkan selama satu jam, setelah itu bilaslah dengan menggunakan sampo. Lakukan perawatan ini rutin dua kali dalam seminggu agar rambut rontok berkurang dalam waktu singkat.

6. Hair Tonic

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan bisa juga kamu lakukan dengan menggunakan hair tonic. Hair tonic umumnya digunakan sebagai penumbuh rambut, penghitam rambut, dan juga membuat rambut lebih mengembang. Kamu yang punya rambut tipis dapat menggunakan hair tonic untuk membuat kondisi rambutmu menjadi lebih mengembang.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah bagikamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya memilih hair tonic yang sesuai dengan jenis kulitmu. Hindari hair tonic yang kandungannya bisa memicu alergi dan reaksi yang tidak nyaman. Untuk mengaplikasikan hair tonic inipun sangat mudah sekali. Gunakan hair tonic setelah keramas, saat rambut setengah kering semprotkan hair tonic ke kulit kepala secara merata dan kombinasikan dengan pijatan lembut pada kulit kepala agar bahan ini mudah diserap kulit. Agar lebih efektif, lakukan perawatan dua hari sekali setelah kamu keramas.

Untuk mengurangi rambut rontok sebaiknya hindari beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut rontok semakin parah, salah satunya mengikat rambut terlalu kencang. Rambut yang diikat terlalu kencang akan membuat rambut rontok semakin parah. Oleh karena itu hindari mengikat rambut ketika akan tidur karena selain menyebabkan kerontokan juga dapat menyebabkan sakit kepala.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE