Berita Terkini Seputar Banyuwangi

6 Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel Paling Efektif

Cara menghilangkan flek hitam – Flek hitam yang timbul di area wajah bisa sangat mengganggu penampilan khususnya pada wanita karena akan membuat make up menjadi tidak sempurna. Selain itu, dari sisi psikologis timbulnya flek hitam dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri terlebih lagi jika fleknya hampir merata di seluruh wajah.

Ada beberapa penyebab timbulnya flek hitam pada area wajah. Pertama adalah kesalahan dalam memilih kosmetik, setelah itu kelainan genetik, salah memilih alat kontrasepsi, dan lain sebagainya. Jika flek yang timbul bukan karena faktor genetik maka besar kemungkinan masih bisa dihilangkan. Namun jika karena faktor genetik, maka flek hitam tersebut akan sulit untuk dihilangkan.

Bagi kamu yang punya masalah flek hitam akibat non genetik, ada beberapa cara menghilangkan flek hitam yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

1. Menghentikan Kontrasepsi

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan flek hitam adalah berhenti menggunakan kontrasepsi (Pil KB). Kontrasepsi yang mengandung hormon akan mudah menimbulkan flek hitam pada area wajah. Bisa saja kamu menyamarkan flek hitam tersebut dengan make up namun tentunya ini bukan cara permanen untuk mengatasi masalah flek hitam pada wajah.

Solusinya,kamu perlu mencari alat kontrasepsi lain yang aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti spiral dan implan. Kedua alat kontrasepsi ini jauh lebih aman karena tidak mengandung hormon sehingga timbulnya flek hitam pada wajah bisa diminimalisir.

2. Madu

Salah satu cara yang paling aman mengatasi masalah flek hitam adalah menggunakan bahan alami. Ada berbagai bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan flek hitam, salahsatunya dengan menggunakan madu yang berkhasiat meremajakan kembali dan menyamarkan flek hitam pada wajah. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan madu asli karena khasiatnya akan lebih terasa dibandingkan dengan madu biasa yang telah dicampur dengan bahan lain.

Untuk menghilangkan flek hitam dengan madu murni ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan madu asli pada area wajah yang sudah dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air hangat. Agar lebih steril jangan menggunakan tangan untuk mengoleskan madu ke wajah. Kamu bisa menggunakan kapas atau cotton bud. Diamkan selama 15 – 20 menit hingga bahan alami ini benar-benar di wajah. Setelah itu bilas wajah dengan menggunakan air dingin lalu keringkan dengan kain yang lembut. Agar hasilnya cepat terlihat, lakukan perawatan ini rutin 2 kali sehari pada saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

3. Jeruk Nipis dan Madu

Jeruk nipis tidak hanya bermanfaat untuk mengecilkan perut yang buncit namun juga bermanfaat untuk mengatasi flek hitam secara alami. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis bermanfaat untuk mencerahkan dan menetralisir bakteri alami pada kulit. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa mencampurkannya dengan madu asli.

Cara menghilangkan flek hitammenggunakan jeruk nipis dan madu sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 2 sdm madu dan juga 1 sdm air jeruk nipis, setelah itu aduk hingga rata. Setelah itu oleskan pada area wajah yang timbul flek hitam dengan bantuan kapas atau cotton bud. Diamkan bahan alami ini hingga benar-benar kering kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan wajah.

4. Lumpur Hitam Austria dan Apel Hijau Swiss

Caramenghilangkan flek hitam bekas jerawat di wajah selanjutnya bisa dengan menggunakan produk kecantikan atau skin care berbahan dasar lumpur hitam Austria dan apel hijau dari Swiss.

Kedua bahan tersebut dapat menghilangkan flek hitam yang membandel sekalipun dengan teknologi stem yang bekerja langsung ke inti sel melakukan regenerasi kulit dalam waktu singkat. Umumnya inti sel akan melakukan regenerasi setiap 28 hari sekali, namundengan skin care tersebut regenerasi kulit akan berlangsung lebih cepat sehingga flek hitam lebih mudah dihilangkan pada wajah.

5. Kentang

Selama ini kentang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat batu maupun jerawat bernanah pada wajah. Namun sebenarnya kentang juga dapat digunakan untukmenghilangkan flek hitam pada wajah berkat zat tepung di dalamnya yang berfungsiu ntukmenghilangkan pigmentasi.

Untuk menghilangkan flek hitam dengan menggunakan kentang ini pun cukup mudah. Potong kentang tipis-tipis lalu tempelkan pada area wajah yang terdampak flek hitam, setelah itu cuci wajah kamu dengan menggunakan air hangat.

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengupas kentang tersebut dan memarutnya hingga teksturnya benar-benar lembut, setelah itu tempelkan pada bagian wajah yang ada flek hitamnya. Lakukan cara ini dua kalisehariterutamasaatakantidur.

6. Almond

Cirikhasdari almond adalah rasanya yang gurih dan lezat. Namun siapasangka selain bermanfaat untuk kesehatan, kacang almond juga punya khasiat mencerahkan wajah dan menghilangkan flek hitam berkat kandungan vitamin E yang sangat melimpah.

Cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan bahan alami ini pun sangat mudah yaitu dengan mengambil 10 biji kacang almond, rendam dalam susu putih murni lalu diamkan semalaman. Kupas kulit kacang almond pada pagiharinya, kemudian giling hingga benar-benar lembut. Setelah itu campurkan dengan1 sendok teh bubuk cendana dan juga madu ke dalamnya. Oleskan almond yang telah berbentuk pasta ke wajah yang ada flek hitamnya. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil maksimal lakukanlah cara ini seminggu dua kali.

Demikianlah cara menghilangkan flek hitam yang bisa kamu terapkan di rumah. Pilih cara yang paling kamu anggap mudah dan lakukan perawatan secara rutin agar hasilnya maksimal.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE