Beranda Pemerintahan Air Waduk Bajulmati Bisa Pasok Industri

Air Waduk Bajulmati Bisa Pasok Industri

0
431
PROYEK: Kondisi waduk Bajulmati beberapa waktu lalu.
PROYEK: Kondisi waduk Bajulmati beberapa waktu lalu.

WONGSOREJO – Pembangunan waduk Bajulmati di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, tampaknya tidak hanya bermanfaat untuk mengairi lahan pertanian. Beroperasinya waduk Bajulmati itu akan mendukung suksesnya rencana pelaksanaan pembangunan kawasan industri di Kecamatan Wongsorejo.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Air waduk Bajulmati ternyata bisa mengairi daerah irigasi seluas 1.800 hektare (ha). Selain lahan padi, juga dapat mengairi lahan palawija yang ada di Kecamatan Wongsorejo, dan sebagian lahan di Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Waduk itu akan berfungsi sebagai penyedia air bersih untuk kebutuhan warga Kecamatan Wongsorejo.

Dalam setiap detik, air bersih dari waduk yang berlokasi di daerah perbatasan Banyuwangi-Situbondo itu bisa mencapai 110 liter. Tidak hanya untuk kebutuhan air bersih warga, kebutuhan air industri juga bisa disuplai dari waduk Bajulmati. Untuk kebutuhan industri, waduk mampu menyuplai air dengan debit 60 liter per detik.

Saat ini, Pemkab Banyuwangi sedang merancang pembangunan kawasan industri seluas 600 ha hingga 1000 ha di Kecamatan Wongsorejo. Pembangunan kawasan industri itu dilakukan untuk mengurangi disparitas wilayah selatan dan utara. “Untuk mengurangi disparitas, maka kita dorong wilayah utara sebagai kawasan industri,” tegas Bupati Abdullah Azwar Anas.

Loading...

Karena itu, Bupati Anas minta dukungan masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Kalipuro dan Wongsorejo untuk menyukseskan rencana industrialisasi di dua kecamatan itu. Jika industri tumbuh di Kecamatan Kalipuro dan Wongsorejo, maka jumlah kemiskinan yang ada di wilayah itu bisa

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

error: Uppss.......!