Aktifkan Kembali Tiga Posko Bencana

0
506

BANYUWANGI – Setelah status Gunung Ijen naik kembali dari waspada (level II) menjadi siaga (level III) Senin lalu (12/3), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi mengaktifkan kembali tiga posko penanggulangan bencana Gunung Ijen.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bulan lalu, aktivitas ketiga posko tersebut memang mati suri. Sebab, pada bulan Februari lalu (8/2) status Gunung Ijen turun ke level II. Namun, sejak status Gunung Ijen kembali naik ke level III, tiga posko tersebut kembali aktif. Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Banyuwangi, Wiyono mengaku, pihaknya sudah menerima informasi dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Ijen.

Pihaknya akan menyosialisasikan status terbaru Gunung Ijen tersebut secepatnya. Rencananya, ketiga posko tersebut akan lebih diintensifkan dengan
cara menambah jumlah relawan. “Tiga posko yang ada akan lebih kita intensifkan dan relawan akan kita tambah,” ujarnya kemarin (14/3).

Selain itu, BPBD Banyuwangi juga akan bekerja sama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Mereka akan mengamankan Gunung Ijen sampai radius 1,5 Km dari segala aktivitas warga. “Kita akan mencegah setiap orang yang akan masuk ke daerah rawan sesuai rekomendasi PVMBG,” katanya.

Loading...

Wiyono juga mengimbau agar masyarakat yang menetap di sekitar Gunung Ijen tidak panik. “Terkait kondisi Gunung Ijen saat ini, masyarakat harus tetap tenang,” imbuhnya. Selain itu, kata Wiyono, masyarakat juga diharap tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Ijen.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2