Alasmalang Padukan Kerajinan dan Budaya

0
215

tim-video-kreatif-desa-alasmalang-mengambil-gambar-kerajinan-ukiran-di-dusun-karangasem-alasmalang-singojuruh-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SINGOJURUH – Peserta lomba video kreatif dari Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, tampaknya tidak tanggung-tanggung dalam menuangkan ide dan pengambilan  gambar. Dalam lomba video kreatif yang digagas oleh Jawa Pos Radar Banyuwangi bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPM-PD) Banyuwangi,  mereka memadukan potensi kerajinan dan seni budaya yang ada di desanya.

Koordinator tim video kreatif Desa Alasmalang, M. Zamrozi, mengatakan  nama Desa Alasmalang tidak bisa dipisahkan dari budaya kebo-keboan yang rutin digelar setiap bulan Suro. Tentunya, tradisi kebo-keboan  itu akan menjadi ikon utama dalam  video kreatif yang sedang digarap.

“Beruntung pelaksanaan video kreatif ini pada bulan Suro, jadi kami  terbantu pengambilan gambar upacara kebo-keboan,” katanya. Layaknya dalam cinematografi, selama pengambilan gambar untuk video kreatif itu juga melibatkan sejumlah tenaga professional, yakni Kameramen, lighting, dan editing.

“Semua tenaga yang menggarap ini asli putra daerah di Desa Alasmalang, ini kita kerjakan dengan sungguh- sungguh,” cetusnya.  Potensi lain yang juga akan dimunculkan dalam video kreatif itu, terang dia, meliputi kerajinan tangan mulai dari pembuatan ukiran   kayu, asbak kayu, manik-manik monte, serta kerajinan pembuatan  hadrah rebana, dan bedug.

“Karena durasi video kreatif hanya tiga menit, semua potensi akan kita munculkan  meski hanya sebentar,” jelas Mohammad Zamrozi. Sementara itu, Sekretaris Desa Alasmalang, Sucipto, mengaku  bangga dengan para putra desa yang peduli dan mau mendokumentasikan seluruh potensi yang  dimiliki Desa Alasmalang.

Dengan demikian, potensi desa akan terekam dan terdokumentasikan dengan baik, serta bisa menjadi ajang promosi desa. “Syukur kalau  tim video kreatif dari Desa Alasmalang ini bisa menjadi juara,”  harapnya.(RADAR)

Loading...

Baca Juga :