Anas Segera Bertakhta Lagi

0
674

17-Februari-2016-Abdullah-Azwar-Anas-Yusuf-Widyatmoko-Akan-Dilantik.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Pelantikan Digelar 17 Februari 2016

BANYUWANGI – Jika tidak ada aral melintang, 10 hari lagi Abdullah Azwar Anas-Yusuf Widyatmoko akan bertakhta lagi sebagai bupati dan wakil bupati Banyuwangi periode 2016-2021. Pelantikan  dan pengesahan Anas dan Yusuf  sebagai ‘penguasa’ Bumi Blambangan akan dilakukan pada 17 Februari 2016 di Gedung Grahadi Surabaya.

Berbeda dengan kabar sebelumnya yang masih sebatas rencana, kali jadwal pelantikan pasangan calon (paslon) terpilih  hasil Pemilihan Bupati dan Wakil  Bupati (Pilbup) Banyuwangi 2015, kali  ini nyaris bisa dipastikan. Sebab, jadwal  tersebut tertuang dalam radiogram Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 005/389/SJ yang ditujukan kepada  sejumlah gubernur Jumat lalu (5/2).

Informasi yang berhasil dikumpulkan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, ada dua poin penting yang disampaikan Mendagri Tjahjo Kumolo melalui radiogram  tersebut. Pertama, pelantikan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur  (cawagub) terpilih di tujuh daerah,  yakni Sumatera Barat (Sumbar), Jambi,  Kepulauan Riau (Kepri), Bengkulu, Kalimantan  Utara (Kaltara), Kalimantan Selatan (Kalsel), dan Sulawesi Utara (Sulut)  akan dilaksanakan di Istana Negara pada  Jumat mendatang (12/2).

Poin kedua, gubernur diinstruksikan melantik cabup/cawabup secara serentak pada 17 Februari di ibu kota provinsi masing-masing. Dikonfirmasi terkait radiogram Mendagri tersebut, Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Pemkab Banyuwangi, Juang  Pribadi mengaku masih menunggu undangan  resmi dari Pemerintah Provinsi  (Pemprov) atau Gubernur Jatim.

“Sejauh  ini belum ada undangan dari Pemprov  Jatim, Mas. Kita tunggu saja, mungkin  dalam waktu dekat ada undangan resmi,” ujarnya kemarin (7/2). Sebelumnya diberitakan, pelantikan paslon terpilih hasil Pilbup Banyuwangi  2015, tampaknya akan terealisasi dalam waktu dekat.

Seluruh persyaratan administrasi yang diperlukan dalam rangka pengesahan dan pelantikan paslon terpilih yang akan menduduki posisi Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi periode 2016-2021 tersebut sudah komplet.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan  Pemkab Banyuwangi, Anacleto Da Silva, menegaskan dari segi persyaratan administrasi  pengesahan dan pelantikan  paslon terpilih hasil Pilbup 9 Desember  lalu sudah terpenuhi. Salah satunya  penetapan hasil pemungutan suara oleh  Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menetapkan pasangan Anas-Yusuf sebagai  pemenang Pilbup Banyuwangi 2015.

Selain itu, bagian Pemerintahan Pemkab  Banyuwangi juga sudah meneruskan  berita acara rapat paripurna istimewa DPRD Banyuwangi tentang pengumuman hasil penetapan paslon oleh KPU  kepada Gubernur. Sesuai Surat Edaran  (SE) Menteri Dalam negeri (Mendagri)  Nomor 100/140/SJ tanggal 19 Januari 2016 terbit, berita acara paripurna istimewa  tersebut menjadi salah satu  syarat pengusulan pengangkatan bupati  terpilih kepada Mendagri melalui Gubernur.

“Berita acara tersebut sampai ke Gubernur keesokan harinya, atau tepatnya hari Kamis. Selanjutnya, oleh Gubernur surat itu diteruskan kepada Mendagri,” ujarnya Anacleto. (radar)