Bacakan Paritta di Vihara Dhamma Mukti

0
321

bacaknGAMBIRAN – Suasana meriah tampak di jalanan sekitar daerahJeding, Desa Cemetuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, kemarin (15/5). Kiri-kanan jalan banyak berdiri umbul-umbul khas perayaan Waisak. Suasana khidmat terasa di dalam Vihara Dhamma Mukti di daerah tersebut. Umat Buddha dari Kecamatan Gambiran, Kecamatan Cluring, dan wilayah sekitarnya, melakukan sembahyang dalam rangka Waisak.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dalam kegiatan itu, seluruh umat yang hadir tampak khidmat membaca Parrita dipimpin Bikhu Samanera Dhira. Menurut Mardianto, salah seorang tokoh Buddha, perayaan Waisak kali ini mengusung tema “Kerukunan Dasar Keutuhan”. Melalui tema itu diharapkan seluruh umat bisa menjaga kerukunan, baik sesama umat Buddha maupun dengan umat agama lain. “Tahun ini kita mengangkat tema kerukunan,” terangnya. 

Mardiyanto menambahkan, dini hari sebelumnya, peringatan detik-detik Waisak dilakukan dengan khidmat melalui meditasi. Hal itu guna mengenang jasa-jasa baik. “Meditasi ini untuk mengenang budi luhur kita,” ujarnya. Usai acara, para umat Buddhasaling mengunjungi sanak saudara dan tetangga. Selain itu, sanak keluarga dari daerah lain juga banyak yang datang ke rumah mereka. Salah satunya terlihat di rumah Budi, seharian kemarin banyak teman dan kerabat yang berkunjung ke rumahnya guna menyambung tali silaturahmi. “Banyak yang berkunjung, saudara, teman adik, dan tetangga,” ujarnya. (radar)

Loading...