Bahasa Indonesia Terancam Punah

0
1851

bahasa-indonesia-terancam-punah


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Terlalu Banyak Kosakata Asing yang Diserap dalam Kamus

BANYUWANGI – Hari ini genap 88 tahun Sumpah Pemuda. Saat itu putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Yang kedua, putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Poin sumpah yang ketiga, putra dan putri Indonesia berjanji menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Artinya, sejak 28 Oktober  1928 itu bahasa Indonesia lahir sebagai  bahasa resmi negeri ini.  Kini, setelah 88 tahun, apa yang terjadi   dengan bahasa Indonesia? Masihkan bahasa Indonesia dijunjung tinggi, terutama  oleh kalangan pemuda saat ini?  Inilah yang menjadi bahasan diskusi  pemerhati bahasa Indonesia di  Banyuwangi.

Forum 28 Oktober yang merupakan forum diskusi bahasa di Banyuwangi menyebutkan, saat ini  warga lebih tertarik belajar dan menggunakan bahasa asing daripada bahasa Indonesia.Ketua Forum 28 Oktober, Iroe Sukartono Mahdi, mengatakan penggunaan bahasa Indonesia di Banyuwangi, dalam pantauannya, dirasa kurang membahagiakan. Dari waktu ke waktu minat belajar berbahasa Indonesia oleh warga Banyuwangi juga semakin menurun  tergerus oleh pembelajaran bahasa asing   yang mulai tinggi.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last