Banjir Mulai Terjadi setelah Ada Permukiman

0
450
BANJIR: Gara-gara rumahnya terendam, Syamsuri harus rela tidur di teras rumah anaknya
Kampung RT 3 RW II di Lingkungan Karanganom, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi, selalu menjadi langganan banjir rob. Hampir setiap tahun rumah warga terendam banjir akibat air laut pasang. Bahkan, akhir-akhir ini air laut pasang hingga menggenangi daratan nyaris terjadi setiap bulan. -AGUS BAIHAQI, Banyuwangi-


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

SYAMSURI tengah tidur pulas di teras rumah salah satu anaknya. Rumah itu memang relatif tinggi daripada rumah-rumah lain. Kakek berumur 82 tahun itu seolah tidak peduli dengan kondisi sekitarnya. Air yang mulai meninggi akibat banjir rob juga tidak dia pedulikan lagi.

Keramaian warga dan sejumlah anak-anak yang bermain air tetap tak membuat lelaki yang baru ditinggal istrinya itu peduli. “Pak Syamsuri itu mengungsi. Rumahnya di timur sudah digenangi air cukup tinggi,” ujar Sutikno, salah satu warga, sambil menunjuk lelaki tua yang tertidur pulas itu.

Tetapi, entah karena gaduh lantaran banyak wartawan berdatangan ataukah sebab lain, kakek yang mengaku pendengarannya sudah mulai berkurang itu tibatiba terbangun. “Kalau siang, saya selalu (mengungsi) ke rumah ini,” kata Syamsuri begitu bangun dari tidurnya.

Di Lingkungan Karanganom, Kelurahan Karangrejo, Syamsuri termasuk tokoh masyarakat. Bapak lima anak dan tujuh cucu itu termasuk warga yang paling awal mukim di perkampungan tersebut. “Saya datang saat masa PKI, sekitar tahun 1960-an,” terangnya.

Loading...

Saat pertama datang di perkampungan yang kini dihuni sekitar 49 kepala keluarga (KK) itu, dulu di sana hanya ada tiga rumah. Sisanya adalah semak belukar. Di awal-awal kedatangannya, tidak pernah terjadi banjir rob. “Banjir seperti ini terjadi setelah banyak rumah,” cetusnya.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last