Banser Dilatih Penanggulangan Bencana Alam

0
395

banserMUNCAR – Sebanyak 110 anggota Barisan Ansor Serba Guna (Banser) mengikuti pendidikan kilat dasar (diklatsar) yang dipusatkan di Balai Desa Wringinputih, Kecamatan Muncar kemarin. Para anggota banser tersebut berasal dari Satuan Koordinator Rayon Srono, Muncar, Cluring dan Tegaldlimo. Mereka digembleng disiplin berorganisasi, pelatihan baris berbaris, tertib berlalu lintas hingga pelatihan penanggulangan bencana alam.

Sekretaris Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Banyuwangi Mashud mengatakan, kegiatan diklatsar angkatan pertama tersebut diharapkan mampu memberikan bekal bagi para anggota Banser untuk menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai benteng ulama. Usai melaksanakan diklatsar Banser angkatan pertama tersebut, kegiatan serupa bakal digelar di Kecamatan Kabat. Sedianya kegiatan ini akan diikuti oleh anggota Banser dari daerah pemilihan (dapil) satu, dua dan empat.

Sedang khusus untuk Banser dari Genteng, Glenmore, Kalibaru dan Sempu, rencananya bakal digelar pada akhir tahun atau Desember. “Kita laksanakan setelah apel akbar di Surabaya,” tandasnya. Lebih jauh Mashud menyebutkan, ke depan Pimpinan Cabang GP Ansor akan terus melakukan perekrutan dan penggemblengan Banser pada setiap tingkatan. “Target kita tahun depan minimal sudah ada seribu banser yang kita gembleng melalui diklat semacam ini,” tandasnya. (radar)

Baca :
Ngantuk Saat Berkendara, Pelajar Tubruk Pemotor Lain dan Alami Patah Tulang