Bantuan Korban Longsor Mulai Berdatangan

0
315


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PESANGGARAN-Bantuan untuk warga di Dusun Sumberdadi Kidul, RT 1, RW 1; Dusun Sumberdadi Tengah, RT 2, RW 1, Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran yang menjadi  korban tanah longsor, kini sudah mulai berdatangan. Bantuan yang kali pertama datang, berupa sembako dari IAIDA  Blokagung, Kecamatan Tegalsari. Bantuan itu datang pada Rabu sore (15/2).

“Ini bantuan yang pertama dan langsung kita distribusikan,” terang Sekretaris Desa Kandungan, Nasokah.  Bantuan sembako itu,  terang dia, diperkirakan bisa membantu memenuhi kebutuhan pangan pada  tujuh kepala keluarga (KK)  yang terdampak longsor  untuk beberapa hari ke depan.

“Ini sangat membantu sekali,” katanya. Menurut Nasokah, bantuan itu juga datang dari Bank Jatim. Hanya saja, untuk bantuan berupa sembako itu  belum tiba di desanya. “Bantuan dari Bank Jatim dititipkan ke kantor Kecamatan,  rencana besuk (hari ini) akan kita ambil,”   ujarnya.

Nasokah mengaku sampai saat ini pemerintah desa memang belum memberi bantuan, kecuali tenaga untuk pembersihan. Tapi, pemerintah  desa mencoba menggali ke pihak lain yang  bisa memberi bantuan untuk korban longsor itu. “Kami menghubungkan dengan pihak terkait,” ucapnya.

Secara umum, terang dia, kondisi warga  sudah mulai membaik. Ketersediaan air bersih juga bisa didapat dari sumber air yang disalurkan  melalui pipa. “Listrik juga sudah aman,” katanya  pada Jawa Pos Radar Genteng. Untuk saat ini, masih kata dia, warga berharap  ke depan cuaca bisa lebih bersahabat dengan hujan tidak deras. Di lokasi dekat pegunungan itu,   tanahnya labil dan mudah longsor.

“Untuk evakuasi juga sulit, meski jaraknya tidak terlalu jauh, tapi  medannya naik dan turun,” ungkapnya.(radar)

Loading...