Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Banyak Anggota Bolos, Banmus Jalan Terus

banyakanggotaBANYUWANGI – Agenda politik cukup padat yang mengakibatkan rendahnya tingkat kehadiran para anggota dewan di kantornya tampaknya tidak akan membuat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Banyuwangi menyesuaikan jadwal kerja yang sudah ditetapkan. Sebaliknya, para anggota dewan yang kerap absen itu lah yang harus menyesuaikan agenda parpol dengan agenda DPRD.

Dikonfirmasi kemarin (14/5), ketua DPRD Banyuwangi, Hermanto mengatakan, kegiatan yang diagendakan Banmus sudah mewakili masing-masing fraksi di lembaga legislatif tersebut. Jadwal kegiatan yang disusun Banmus tersebut juga sudah mengacu planning awal yang ditetapkan DPRD. Sebab, jika tidak, target yang sudah ditentukan DPRD itu tidak akan tercapai Dikatakan, jika target yang di tentukan lembaga dewan itu tidak tercapai, maka para anggota dewan tidak mampu  menjalankan tugasnya dengan baik.

Padahal, imbuh Hermanto, kinerja dewan menjadi rujukan calon pemilih untuk menentukan pilihannya pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 men datang. “Bagaimana orang akan memilih (anggota dewan yang kembali maju dalam pertarungan memperebutkan kursi wakil rakyat) jika kinerjanya jelek,” ujarnya.  Nah, karena itu DPRD tidak seharusnya mengubah agenda kegiatan untuk disesuaikan dengan agenda parpol agar tingkat kehadiran para anggota wakil rakyat kembali normal.

Apalagi, hak dan kewajiban seorang anggota DPRD melekat sejak dilantik hingga masa tugas di setiap periode berakhir. “Karena itu, anggota dewan yang harus menyesuaikan agenda par pol dan agenda DPRD. Bukan se baliknya, agenda DPRD yang harus disesuaikan dengan agenda parpol,” cetus politikus asal PDIP tersebut. Disinggung mengenai kenyataan bahwa sekitar sebulan terakhir tingkat kehadiran anggota dewan minim, Hermanto, mengaku akan segera menggelar rapat dengan seluruh pimpinan fraksi.

“Kami akan meng gelar rapat dengan pimpinan fraksi secepatnya agar kegiatan lembaga DPRD bisa ditingkatkan. Tujuannya, kami bisa mengejar target yang telah ditetapkan,” pungkasnya. Pernyataan Hermanto itu seolah berseberangan dengan pernyataan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Banyuwangi, Sujarwo Arkat. Sehari sebelumnya, tepatnya Senin (13/5), Sujarwo mengaku akan merekomendasikan pimpinan dewan menyesuaikan jadwal kegiatan DPRD dengan agenda parpol.

Diberitakan harian ini kemarin, Sujarwo mengaku banyaknya anggota dewan yang absen itu sulit dihindari di tahun politik seperti saat ini. “Kondisi tersebut sulit di hindari. Kenyataannya seperti ini,” ujarnya.Selain ketua DPRD yang tengah menjalankan ibadah umrah, imbuh Sujarwo, banyak anggota dewan yang sibuk dengan agenda partainya masing-masing. Di antaranya menyiapkan berkas pencalonan anggota legislatif, dan konsolidasi persiapan Pilgub Jatim 2013.

Ironisnya, BK DPRD Banyuwangi tidak menyiapkan sanksi khusus terhadap anggota yang kerap absen. Menurut Sujarwo, pihaknya “hanya” akan melakukan pendekatan agar ang gota DPRD Banyuwangi melaksanakan tugasnya secara maksimal. Masih menurut Sujarwo, pihaknya akan merekomendasikan pimpinan DPRD Banyu wangi menjadwal kembali kegiatan dewan. (radar)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE