Banyuwangi Berpotensi Turun Hujan Lebat

0
24
Ilustrasi Hujan

BANYUWANGI – Stasiun Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Banyuwangi memperkirakan sejumlah wilayah di Banyuwangi berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sampai Kamis (9/7/2020) mendatang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dilansir dari Radar Banyuwangi – Jawa Pos, Prakirawan Stasiun Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Banyuwangi Anjar Triono Hadi mengatakan, dalam kurun waktu 3 hari kedepan atau sampai Kamis 9 Juli diperkirakan cuaca di Banyuwangi akan dilanda hujan dengan intensitas sedang sampai lebat.

Loading...

Hal itu dipengaruhi adanya Gelombang Rossby ekuator yang terjadi di Indonesia. Gelombang tersebut, berpropagasi ke arah barat mencakup wilayah perairan Utara Aceh, Laut Andaman, Samudra Hindia Barat Daya Sumatera, Laut Sulu, dan Teluk Thailand.

“Gelombang Rosshy ekuator ini dapat menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut, termasuk di Banyuwangi,” ujarnya.

Selain itu, terdapat juga Gelombang Kelvin yang berpropagasi ke arah timur. Dampaknya juga akan meningkatkan tinggi gelombang. Untuk wilayah Banyuwangi akan berpengaruh terhadap tinggi gelombang di Selat Bali.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2