Hujan Deras, Penumpang Pesawat Sempat Waswas

0
569
ILUSTRASI

HUJAN disertai angin kencang yang terjadi belakangan ini belum berdampak signifikan terhadap jadwal penerbangan di Bandara Banyuwangi. Kepala Bandara Banyuwangi Dody Dharma Cahyadi menngatakan, hujan yang turun dalam waktu tiga hari terakhir masih aman untuk penerbangan.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Meski hujan angin hingga menyebabkan pohon tumbang, kondisi ini tidak terlalu berpengaruh terhadap jadwal dan aktivitas penerbangan. Apalagi, kecendrungan hujan baru turun pada sore hari. Sementara jadxval penebangan di Bandara Banyuwangi pada pagi hingga siang hari saja. ”Hujan turun masih wajar,” ungkapnya.

Jika musim hujan tiba tidak ada yang perlu diwaspadai. Hanyu saja jika kondisi cuaca sangat buruk (bad weather) baru akan mempengaruhi penerbangan. Itu pun ada informasi sebelumnya dari stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

”Apa pernah naik pesawat jika turun hujan terus pesawatnya tidak terbang, tidak ada masalah kecuali pesawat gantole,” ujarnya.

Dody menambahkan, hujan yang terjadi merupakan pembentukan awan yang berada di bawah ketinggian 10 ribu meter. Sedangkan pesawat berada di ketinggian di atas 10 ribu meter dan tidak terjadi turun hujan.

“Tidak ada masalah. Memang hanya sempat sekali pesawat Garuda delay satu jam. Itu pun sudah biasa dalam penerbangan,” tandasnya.

Sementara itu, salah seorang penumpang pesawat Ali Sodiqin mengatakan, pesawat Garuda yang dia tumpangi sempat mengalami guncangan kuat saat akan landing di bandara Banyuwangi, Rabu (15/11) pukul 15.30, kemarin.

”Peswat yang saya tumpangi sempat muter-muter di langit Banyuwangi karena kondisi masih hujan,” katanya.

Pesawat yang mestinya sudah landing pukul 15,00, baru landing di landasan pacu bandara sekitar pukul 15.30. Sebelum landing, seluruh pesawat yang juga diperingatkan oleh pramugari agar tidak berjalan-jalan dan mengenakan ikat pinggang karena kondisi cuaca sedang hujan deras.

“Tidak mengganggu penerbangan, tapi penumpang sempat was-was karena pesawat tidak segera landing,” jelasnya.

Dalam beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah di Banyuwangi sering dilanda cuaca buruk. Hal itu ditandai dengan mendung tebal dan hujan deras hampir pada semua wilayah kecamatan. Bahkan, hujan juga mengakibatkan pohon tumbang. (radar)

Loading...

Sewa Gudang 495 m2 Tebet Jakarta Selatan Primium Parkir Luas

Sewa Gudang 495 m2 Tebet Jakarta Selatan Primium Parkir Luas

Di sewakan Ruko 3,5 Lt dan Gudang Kantor dan Gudang 2 Lantai & Gudang 3 in 1 Infinia Park Jalan…
12/06/2018
Jakarta Selatan

Baca Juga :