Batu Akik Dongkrak Transaksi Kantor Pos

0
625

BANYUWANGI – Dalam kondisi perekonomian sedang lesu, PT. Pos Banyuwangi merekam kinerja positif. Transaksi mail and parcel periode Januari hingga Agustus tumbuh 26 persen dibanding sebelumnya. Kepala PT. Pos Banyuwangi, Eko Sumariyanto, mengatakan meski beberapa sektor mengalami kelesuan, tapi pergerakan ekonomi di Banyuwangi terus tumbuh.

Hal itu memberikan dampak positif terhadap lalu lintas surat dan barang. “Alhamdulillah karena aktivitas ekonomi Banyuwangi masih baik, arus surat dan barang baik dari maupun ke Banyuwangi tumbuh,” ujar Eko. Eko mengungkapkan, dalam kon disi normal transaksi mail and parcel berkisar 300 hingga 500 item.

Satu item berkontribusi terhadap pertumbuhan transaksi surat di kantor Pos Banyuwangi, yakni transaksi batu akik. Terutama batu rubah asli Banyuwangi yang sekarang sedang boming di tingkat nasional. Berdasar data, sebagian besar batu rubah Banyuwangi dikirim di beberapa daerah di Jatim.

“Namun, ada juga yang mencapai luar pulau, bahkan luar negeri. Pe ngi riman dan penerimaan batu akik sementara menyumbang pertumbuhan satu persen,” kata Eko. Transaksi pengiriman batu akik diprediksi akan terus tumbuh karena mulai banyak masyarakat Banyuwangi yang mempromosikan batu akik secara online maupun offline.

Pengiriman batu akik tidak hanya tampak di kota Banyuwangi, tapi juga di sejumlah di kecamatan. Melihat maraknya pengiriman batu akik, Eko mengingatkan agar pengirim memperhatikan packaging yang aman. (radar)