Bedol PAUD di Puskesmas Kembiritan

0
153

Kenalkan Siswa Gaya Hidup Sehat


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GENTENG – Pengenalan kesehatan kepada anak-anak sejak dini sangat penting. Mengajarkan perilaku hidup sehat kepada mereka akan lebih mudah diterima dari pada usia lanjut. Sebab, anak-anak belum terpapar perilaku-prilaku buruk tentang kesehatan. Untuk mendidik anak-anak agar hidup sehat, Puskesmas Kembiritan melalui program harapan keluarga peduli anak sejak dini (Harga Pas) menggelar program inovasi wisata sehat berupa Bedol PAUD dan TK.

Kata bedol yang berarti cabut dalam bahasa Jawa, bermaksud seluruh komponen yang ada di PAUD/TK, mulai siswa, ibu dan bapak pembimbing, serta orang tua, kegiatannya dialihkan ke Puskesmas Kembiritan. Selain berwisata, mereka juga dikenalkan alatalat kesehatan yang selama ini mereka pandang sebagai sesuatu yang menakutkan. Di samping itu, yang terpenting adalah mereka juga diajari untuk hidup sehat sejak dini.

 Acara tersebut dilakukan setiap Sabtu secara bergantian. Seperti yang terlihat Sabtu (23/3) lalu, sejak pukul 07.00, Puskesmas Kembiritan sudah ramai dengan tingkah dan celoteh siswa PAUD dan TK. Sebanyak 150 siswa PAUD dan TK yang didampingi oleh guru dan orang tuanya, diterima langsung oleh Kepala Puskesmas Kembiritan Hj. Tatiek Setyaningsih S,ST M.Mkes di Aula Puskesmas Kembiritan.

Dalam sambutannya, Tatiek mengatakan, program wisata sehat ini tercetus karena ingin mengenalkan sedini mungkin puskesmas dengan seluk beluknya. “Karena usia anak PAUD/TK inilah yang rentan terjadi problem kesehatan. Termasuk di dalamnya rentan terjadinya gizi buruk. Mereka juga sering menjadi korban dari makanan-makanan yang diolah menggunakan bahan yang kurang baik untuk kesehatan,” kata Tatiek.

Loading...

Program yang terlaksana berkat kerja sama antara Dinas Pendidikan dan Lintas Sektor lainnya di Kecamatan Genteng, itu diawali pengenalan lingkungan puskesmas. Mulai taman, ruang loket, hingga seluruh lingkungan puskesmas. Acara itu dipandu dr. Sri Rejeki. Para siswa juga dikenalkan pada alat-alat kedokteran. Terutama kedokteran gigi yang selama ini sangat menakutkan mereka. Setelah puas berkeliling, anak- anak dikumpulkan di ruang penyuluhan. Di tempat ini mereka mendapat penjelasan tentang gizi pada makanan.

Termasuk makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Penjelasan dilakukan dengan menggunakan metode Panggung Boneka. Sehingga mereka tertarik untuk mengikuti acara dan sesekali terdengar tawa mereka bila ada adegan lucu. Tampak pula para orang tua ikut asyik mendengarkan dan mengikuti penjelasan petugas gizi tersebut. Setelah itu, dengan dipandu petugas Kesling, anak-anak yang merupakan investasi bangsa itu secara berkelompok diajak belajar cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Mereka juga diajari cara mengosok gigi yang benar secara bersama sama. Tampak anak anak sangat antusias mengikuti arahan dari petugas. Acara tersebut dihadiri Camat Genteng, Yusdi Irawan SE,M Si, juga ketua Tim Penggerak PKK . Dalam sambutannya, Camat Yusdi mengatakan, acara wisata sehat Puskesmas Kembiritan dengan Bedol PAUD/ TK ini adalah inovasi yang bagus dan layak dikembangkan.  “Sehingga semua anak PAUD dan TK se-Kecamatan Genteng sudah mengerti puskesmas dan mengerti cara hidup yang sehat sejak dini,” katanya. (radar)

Loading...