Candi Purwo Dibuka Untuk Wisata

0
2711

candi-purwo-dibuka-untuk-wisata


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

TEGALDLIMO – Candi Purwo yang berada di Dusun Pondok Asem, Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo belum banyak dikenal. Bila ada yang datang, umumnya umat Hindu yang akan beribadat. Dengan lokasi yang berada di tengah hutan, candi ini memiliki panorama yang cukup indah dan bisa dikembangkan untuk lokasi wisata.

Candi Purwo itu berada di kawasan Perhutani KPH Banyuwangi Selatan dan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), di bangun pada tahun 1996. “Candi Purwo itu memiliki sejarah yang panjang dalam peradaban umat di Bumi Blambangan,”  cetus ketua Parisada Hindu Dharma  Indonesia (PHDI) Kecamatan Tegaldlimo, Joko Setiyoso.

Menurut Joko, candi yang diberi nama Pura Agung Candi Purwa itu pada 11 September 2011 diadakan ritual melaspas, yakni upacara  pembersihan dan pencucian bangunan. “Dalam upacara itu kita tandai  sebagai tonggak sejarah kembalinya  Sabdapalon ke tanah Jawa,” ungkapnya.

Di sekitar Candi Purwo, terang dia, juga ada gundukan tanah yang  dikenal Gumuk Gadung. Tempat  itu, diyakini sebagai tempat perdebatan spiritual antara Prabu Brawijaya dengan Sabdapalon, dan selanjutnya berpisah untuk menempuh jalannya sendiri.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2