Cuaca Ekstrem Berlalu, Harga Bumbu Turun

0
196

cuacaaBANYUWANGI – Kondisi cuaca yang cenderung membaik selama beberapa hari terakhir, tampaknya mulai berdampak positif pada harga kebutuhan pokok di pasaran. Beberapa jenis bumbu masak yang sempat naik beberapa pekan terakhir, kini mulai normal. Pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi di Pasar Banyuwangi kemarin (14/4) menyebutkan, cabai rawit, tomat, dan ranti mulai menunjukkan tren penurunan harga sejak sepekan lalu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kecenderungan serupa juga terjadi pada duo bawang. Padahal seperti diketahui, pada pertengahan Maret, bawang merah dan bawang putih sempat menjadi bahan pergunjingan kalangan konsumen, lantaran harganya yang selangit.Sugiono, 33, seorang pedagang di  pasar tradisional tersebut mengatakan, harga cabai rawit turun dari Rp 60 ribu per Kilogram (Kg) menjadi Rp 40 ribu per Kg Penurunan harga yang cukup signifi kan itu terjadi sejak empat hari yang lalu.

Pada periode yang nyaris bersamaan, harga tomat mengalami kecenderungan serupa, yakni turun dari Rp 12 ribu per Kg menjadi Rp 8 ribu per Kg. Penurunan harga dari Rp 12 ribu per Kg menjadi Rp 8 ribu per Kg juga terjadi pada ranti. Tren penurunan harga juga terjadi pada bawang merah. Yakni dari Rp 60 ribu per Kg menjadi Rp 40 ribu per Kg. Sedangkan harga bawang putih turun signifikan dibandingkan sepekan yang lalu, yakni dari Rp 40 ribu menjadi Rp 20 ribu per Kg.

Menurut Sugiono, penurunan harga beberapa jenis bumbu masakan, itu terjadi lantaran stok dari pengepul cenderung normal. “Cuaca sudah membaik. Hujan lebat tidak lagi setiap hari terjadi. Itu menjadi salah satu faktor mengapa pasokan bumbu dari pengepul lancar,” ujarnya. Sementara itu, tren penurunan harga beberapa jenis bumbu masakan, itu ternyata tidak diikuti oleh cabai merah. Sejak sebulan terakhir, harga komoditas yang satu ini stabil di kisaran Rp 24 ribu per Kg. “Mudah-mudahan harga cabai merah juga segera menyusul turun,” harap Sugiono. (radar)

Loading...

Baca Juga :