Eks Kapal LCT Berubah Jadi KMP

0
2026
KMP Tunu Pratama Jaya 3888 kembali bersandar di dermaga docking milik PT ASDP Ketapang di Desa Bulusan.

Lolos Uji Coba, Tunggu Izin Operasi


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KALIPURO – Kapal Motor Penumpang (KMP) Tunu Pratama Jaya 3888 siap beroperasi di Selat Bali. Setelah lolos uji coba yang dilaksanakan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas lll Ketapang pukul 13.00 Rabu lalu (19/7), KMP Tunu Pratama Jaya 3888 masih menunggu proses turunnya izin berlayar.

KMP Tunu Pratama Jaya 3888 dulunya merupakan kapal jenis Landing Craft Tank (LCT). Namun, Kementerian Perhubungan RI melarang kapal jenis LCT beroperasi di lintas penyeberangan Selat Bali. Akhirnya, kapal tersebut ‘dipermak’ dan berubah bentuk menjadi jenis KMP.

Sekadar diketahui, larangan kapal jenis LCT beroperasi di Ketapang-Gilimanuk sejak September 2016 itu bukan bertujuan mematikan pebisnis yang memiliki kapal jenis LCT. Aturan Kemenhub itu diberlakukan, untuk mengedepankan aspek keselamatan para penumpang kapal.

Setelah dilakukan pelayaran pertama di selat Bali sebanyak satu trip, KMP Tunu kembali bersandar di dermaga doking milik PT ASDP Ketapang di Desa Bulusan. “Kapal masih menunggu izin dan jadwal dari Otoritas Pelabuhan dan Penyeberangan (OPP) Ketapang,” ujar Kepala UPP Kelas III Ketapang, Ispriyanto kemarin.

Sebanyak tiga petugas UPP Kelas III Ketapang, dua petugas Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, dan tiga petugas PT. ASDP ikut mengawasi pelayaran perdana KMP Tunu Pratama Jaya 3888 di Selat Bali.

“Kapal sudah lolos uji kelayakan dan dapat beroperasi pelabuhan ASDP Ketapang-Gilimanuk,” ujar Wakil Kepala UPP Kelas III Ketapang, Widodo. Diharapkan, KMP Tunu Pratama Jaya 3888 tidak mengalami insiden terkait dengan musibah tabrakan kapal.

Kejadian tersebut dialami oleh pendahulunnya KMP Tunu Pratama Jaya dengan KMP Minic III pada bulan Mei 2017 lalu. “Kami tetap mengimbau agar operator kapal selalu mematuhi segala aturan dan perintah yang sudah ditetapkan petugas yang ada di pelabuhan,” tegas Widodo. (radar)

Loading...

Jual Permen SOLOCO Bandung COD 087722250111

Jual Permen SOLOCO Bandung COD 087722250111

Bandung COD – Hp : 0877-2225-0111 Jual Permen SOLOCO Asli Di Bandung | Agen Permen SOLOCO Obat Kuat Bandung |…
03/14/2019
bandung

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :