Gaji Karyawan Bandara masih Jauh dari UMK

0
2857
Yudi Purnomo (kiri) menunjukkan surat pengaduan yang dikirimkan ke Dinas Tenaga Kerja Banyuwangi, kemarin (23/7).

BANYUWANGI – Kemegahan fasilitas bandara Blimbingsari masih menyimpan kisah duka. Nasib karyawan outsourching di bandara kebanggaan masyarakat Banyuwangi itu ternyata masih menerima gaji di bawah Upah Minimum Kabupaten (UMK) Banyuwangi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Nasib miris itu dialami puluhan karyawan ground handing bandara Blimbingsari di bawah naungan CV. Radhita Avio Jasa (CV RAJ), Banyuwangi. Ketua Serikat Pekerja Ground Handing bandara Blimbingsari, Yudi Purnomo mengatakan, jika awal bekerja bersama rekan-rekannya sejak 25 september 2015 lalu mereka bernaung di bawah PT. Satria Perdana Angkasa (PT SPA) Surabaya.

Karena terus-menerus dibayar di bawah UMK, karyawan pun mengadukan persoalan tersebut ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Banyuwangi, pada 2 Juli 2016 lalu. Surat itu juga dikirim dengan tembusan kepada Inspektorat Jenderal Perhubungan Udara, di Jakarta, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi, Ombudsman Surabaya, maskapai Garuda Indonesia dan Wings Air di Jakarta, dan PT. Gapura Angkasa di Jakarta.

Mirisnya lagi, para karyawan ground handling bandara Blimbingsari itu juga tidak diikutsertakan dalam BPJS Ketenagakerjaan maupun Kesehatan. Dan pasca pelaporan, tanggal 3 Agustus 2016, tiba-tiba PT. SPA mengeluarkan surat bahwa mereka tidak lagi menaungi para karyawan itu, namun kewenangannya sudah dialihkan pada CV RAJ.

Tahun 2015 lalu, UMK Banyuwangi sebesar Rp 1.460.000, namun upah yang diterima para pekerja hanya Rp 1.220.000, bahkan juga pernah diterima hanya Rp 900 ribu dan tahun 2016, UMK Banyuwangi sebesar Rp 1.559.000, tapi gaji yang diterima para karyawan ground handling itu paling banter hanya Rp 1.252.000.

Baca :
Curtin University-Unair Telusuri Jejak Sejarah Inggrisan Banyuwangi dengan Broome Australia

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last