Gunung Raung Tidak Lagi Semburkan Asap

0
571

Gempa Tremor Turun Drastis


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

ROGOJAMPI – Aktivitas vulkanik Gunung Raung mulai membaik dalam sepekan terakhir. Pantauan Pusat Pengamatan Gunung Api  (PPGA) Raung di Dusun Mangaran, Desa Sumberarum, Kecamatan Rogojampi, mencatat aktivitas  kegempaan tremor turun drastis.

Minggu pagi lalu (16/8) gunung dengan ketinggian 3.332 meter dari   permukaan air laut (mdpl) itu terlihat jelas. Asap kelabu dengan tekanan lemah setinggi 500 meter condong ke arah barat dan barat laut. Terjadi tremor terus-menerus dengan amplitudo 1-32 milimeter  dan tremor dominan 11 milimeter.

Loading...

Sementara itu, pada minggu siang pukul 12.00–18.00 aktivitas kegempaan tremor sempat terjadi  sebanyak 21 kali dengan amplitudo  2-7 milimeter dan lama gempa  25-48 detik. ”Gempa tremor dominan turun dengan amplitudo  2 milimeter,” ujar Burhan Alathea,  petugas PPGA Raung.

Meski aktivitas vulkanik Raung  sudah berangsur-angsur turun,  status gunung masih tetap siaga. Warga tetap dilarang melakukan aktivitas di radius 3 kilometer dari  puncak gunung. Sekadar tahu, dua pekan lalu Gunung Raung menyemburkan asap kelabu bercampur abu vulkanik dan menyebar hampir di 24 kecamatan di Banyuwangi. (radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2