Beranda Budaya Habiskan 3.000 Ayam, 6 Ton Beras

Habiskan 3.000 Ayam, 6 Ton Beras

0
630

Malam Ini Ritual Tumpeng Sewu di Desa Kemiren


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

GLAGAH – Malam ini ritual adat Tumpeng Sewu akan digelar di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah. Tumpeng Sewu diyakini merupakan selamatan yang dilakukan warga Desa Kemiren sebagai media tolak bala alias mengnndarkan warga dari segala bencana dan penyakit.

Sebanyak 3.000 ayam kampung siap disajikan dalam tumpeng-tumpeng yang akan dimakan bersama-sama warga Desa Kemiren nanti malam. Sekretaris Desa Kemiren, Eko Suwilin Adiyono, mengatakan sebelum selamatan Tumpeng Sewu dilaksanakan, warga juga menggelar ritual mepe kasur.

Mepe kasur adalah tradisi menjemur kasur yang berwarna merah dan hitam di sepanjang jalan Desa Kemiren. Hal itu diyakini masyarakat dapat menghilangkan berbagai macam penyakit. Warga memang memiliki kepercayaan, sumber penyakit adalah kasur.

Selanjutnya, sekitar pukul 13.00 warga akan berkunjung ke makam Buyut Chill untuk melaksanakan selamatan di sana dan dilanjutkan mengarak barong. Tidak hanya itu, dalam rangkaian kegiatan selamatan Tumpeng Sewu hari ini juga dilaksanakan lomba jajan khas Oseng masyarakat Desa Kemiren.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

error: Uppss.......!