Harga Cabai Mahal, Konsumen Beralih ke Cabai Tanpa Biji

0
564
Foto: arahjatim

BANYUWANGI – Harga cabai rawit dan cabai merah di sejumlah pasar di Banyuwangi mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Seperti yang terjadi di Pasar induk Banyuwangi, saat ini harga cabai merah di pasaran mencapai Rp 55 ribu/kg. Padahal sebelumnya harga cabai ini hanya berkisar Rp 20 ribu/kg. Sedangkan cabai rawit saat ini harganya Rp 70 ribu/kg, padahal sebelumnya hanya Rp 18 ribu sampai Rp 20 ribu/kg.

Dilansir dari Arahjatimcom, mahalnya harga cabai ini membuat konsumen beralih ke cabai tanpa biji yang harganya lebih murah, yakni Rp 40 ribu/kg. Meski rasanya tidak sepedas cabai biji, hal tersebut terpaksa dilakukan konsumen untuk menghemat biaya pengeluaran belanja dapur.

Loading...

“Kalau beli yang ada bijinya mahal sekarang. Enggak apa-apa meski gak begitu pedas kalau lagi mahal banget begini mending beli yang tanpa biji biar hemat,” ujar Suhartini, salah satu pembeli cabai di Pasar Banyuwangi, Jumat (12/7/2019).

Tingginya harga cabai dari pengepul memaksa pedagang ikut menaikkan harga cabai di pasaran meski dihantui kerugian. Sebab cabai yang biasanya habis dalam sehari, akibat harga mahal membuat stok cabai mereka menjadi menumpuk, lantaran kunsumen beralih ke cabai tanpa biji.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2