Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Harga Cabai dan Bamer di Pasar Banyuwangi Naik Drastis

Foto : suarajatimpost.com

SUARAJATIMPOST.COM – Harga sejumlah cabai dan bawang di Pasar Banyuwangi melonjak cukup signifikan. Kenaikan harga hampir 3 kali lipat.

Salah seorang pedagang, Tia mengatakan kenaikan sudah dirasakan sejak dua pekan lalu. Harga cabai rawit dari yang sebelumnya Rp 25 ribu per kilogram kini naik hingga Rp 75 ribu per kilogramnya.

Disusul juga harga cabai merah besar yang juga ikut meroket. Dari yang sebelumnya hanya 25 ribu per kilogramnya kini sudah menyentuh harga Rp 50 ribu.

Bawang merah pun mengalami kenaikan, kendati tidak terlalu signifikan. Perkilogram dari sebelumnya hanya Rp 30 ribu kini menjadi Rp 36 ribu.

“Cabai rawit sudah 2 minggu ini naik. Sedangkan cabai merah dan bawang merah sejak 2 hari lalu. Bawang putih harganya tetap di harga Rp 25 ribu per kilogram,” kata dia, Jumat (4/3/2022).

Efek dari kenaikan ini, ia pun terpaksa mengurangi jumlah kulakan. Biasanya sekali kulak mencapai 10 kg, semenjak naik dikurangi menjadi 5 kg.

“Ya terpaksa mengurangi. Konsumen pun juga ngeluh karena kenaikannya itu cukup tinggi. Akhirnya mereka juga mengurangi. Biasanya 1 kg kini belanjanya cuma 1/2 kg saja,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan pedagang lain bernama Dinada, efek dari ini ia pun juga banyak menerima keluhan dari konsumennya.

“Ya cuma saya juga menjelaskan saat ini memang harganya naik. Apalagi kalau konsumen itu jarang ke pasar, ketika tau harga baik pasti kaget,” ujarnya.

Informasi yang dia terima saat ini ketersediaan barang dari petani mengalami penurunan. Produksi cabai berkurang dan banyak yang rusak akibat hujan.

Sehingga hal itu yang kemungkinan memicu naiknya harga bumbu dapur yang identik dengan rasa pedas tersebut.

“Sehari kemarin stoknya sempat kosong, tapi hari ini barangnya ada tapi ya itu harganya masih tetap naik,” tandasnya.

Sumber : https://www.suarajatimpost.com/news/harga-cabai-dan-bamer-di-pasar-banyuwangi-naik-drastis

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE