Berita Terkini Seputar Banyuwangi

Harga Kedelai Kian Meroket, Perajin Tahu di Banyuwangi Mengeluh

Perajin tahu kini terpaksa memperkecil ukurannya (Foto: seblang.com)

SEBLANG.COM – Pembuat tahu dan tempe di Banyuwangi terpaksa harus mengurangi ukuran produknya dikarenakan tingginya harga kedelai yang mencapai Rp 10.000-11.000/Kg.

Salah satu pengusaha tahu di Banyuwangi Mahfudz menuturkan pihaknya terpaksa memperkecil ukuran tahu untuk menekan biaya produksi sehingga tetap bisa berproduksi.

“Mahal kedelainya jadi kita kurangi ukuranya, agar bisa produksi dan mempertahankan karyawan yang mencari rezeki,” ujarnya. Jumat 18/02/2022.

Dirinya mengaku saat ini para produsen tahu banyak yang mengeluh terkait tingginya harga kedelai ini. Meski demikian, mereka tidak bisa berbuat apa-apa. Dan tidak ingin menaikkan harga jualnya yang justru membuat konsumen engan membeli.

“Wah serba susah dinaikin nanti pembeli malah tidak membeli , nanti dampaknya banyak tahu yang justru tidak terbeli dan menjadi permasalahan baru,” jelasnya.

Lebih menurut penjelasan beberapa pengerajin tahu . Harga kedelai cukup fluktuatif sejak tahun 2021. Namun, harganya masih berada pada kisaran Rp.7.000 – Rp.9.000 /Kg.

Sumber : https://seblang.com/2022/02/18/harga-kedelai-kian-meroket-perajin-tahu-di-banyuwangi-mengeluh/

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE