Hari ke-6, Pendaftaran Bacaleg di KPU Banyuwangi Masih Sepi

0
574

BANYUWANGI – Masa pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi memasuki hari ke-6. Sejak dibuka Rabu 4 Juli 2018 kemarin, belum ada satu pun yang datang mendaftar.

Namun demikian, Komisioner KPU Banyuwangi, Suherman mengatakan sejumlah partai terus melakukan konsultasi terkait syarat kelengkapan pendaftaran bakal caleg tersebut.

“Sampai dengan hari ini hari ke 6 hari Senin tanggal 9 Juli 2018 belum ada partai politik yang melakukan pengajuan. Hasil konfirmasi dari kasubak teknis saya hanya sebatas LO itu masih konsultasi-konsultasi,” ujar Suherman, Senin (9/7/2018).

Kata Suherman, diperkirkan bakal ada 800 lebih bakal caleg yang akan mendaftar ke KPU Banyuwangi. Jumlah itu berdasarkan asumsi jika 16 partai politik yang lolos verifikasi mendaftarkan kadernya sesuai pagu maksimal. Kata dia, di Kabupaten Banyuwangi setiap partai politik berhak mendaftarkan 50 orang bakal caleg sesuai dengan jumlah kursi di DPRD Banyuwangi.

“Yang pertama tentang syarat partai, mereka harus ada tanda tangan partai, keterwakilan 30 persen perempuan termasuk penempatanya,” kata Suherman.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2