KPU Banyuwangi Terima 25.628 Kotak Suara Pemilu 2019

  • Bagikan

BANYUWANGI – Sebanyak 25.628 kotak suara pemilu legislatif (Pileg) dan pemilu presiden (Pilpres) tahun 2019 telah diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi dari KPU Pusat.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kotak suara yang ini sebagian bentuknya transparan, sehingga memudahkan untuk melihat kedalam.

“Tahun ini kotak suara Pileg-Pilpres sebagian bentuknya transparan. Jadi kita bisa mengecek ke dalamnya,” kata Komisioner KPU Banyuwangi, Edi Saiful Anwar usai mengecek gudang kotak suara, Jum’at (14/12/2018).

Kotak suara yang telah diterimanya itu, lanjut Edi, terbuat dari material kertas karton dupleks 250 gram. Selain lebih ringan, juga mampu menahan bobot seberat lebih dari 100 kg.

“Istimewanya meski dari karton tapi kedap air. Sebelumnya kotak seperti ini pernah digunakan, tapi untuk di Banyuwangi baru kali ini,” paparnya.

Seluruh kotak suara yang dibutuhkan telah berada di gudang penyimpanan yang berada di Jalan Raya Jember, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi. Nantinya, sejumlah logistik itu akan didistribusikan untuk 5.114 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 25 Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Banyuwangi.

Sedangkan, lanjut Edi, puluhan ribu kotak suara sebelumnya yang digunakan saat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim akan dihapus dengan mekanisme lelang.

“Untuk kotak suara sebelumnya kita gandeng KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) Jember melakukan proses lelang kotak suara,” pungkasnya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: