Harimau versus Garuda

0
779
ORIGINAL: Beginilah tampilan asli seni barong Banyuwangi. Dalam pawai Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) jilid 2 kali ini, panitia akan menampilkan sepuluh grup barong asli di sepanjang rute karnaval.

BAGI masyarakat Using, barong adalah sebuah simbol kebersamaan. Ritual apa pun di daerah Banyuwangi hampir tidak pernah lepas dari tarian ini. Kata ‘barong’ berasal dari bahasa using, ‘bareng’ artinya bersama. Barong bermula dari pertarungan dua bangsawan sakti dari Bali dan Blambangan. Mereka, Minak Bedewang, dan Alit Sawung.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Tanpa penyebab jelas, keduanya terlibat pertarungan hebat Mereka bertarung tanpa henti hingga jangka waktu lama, tapi tak satu pun yang terluka. Ma singmasing menggunakan wujud sakti yang mengerikan, seekor harimau besar dan burung garuda.

Dua perwujudan ini ber ta rung dahsyat. Suaranya meng gelegar persis halilintar. Meski saling serang, kedua ke satria itu tetap sama kuatnya. Hingga munculah suara aneh dari langit,suara tanpa rupa itu mengingatkan agar menghentikan pertempuran. Keduanya diminta berdamai. Akhirnya, kedua wujud menyeramkan itu bersatu. Sejak itu, masyarakat using memiliki wujud barong sebagai simbol kebersamaan.

Diyakini, barong bisa mengusir pengaruh jahat, penyakit dan segala bahaya. Hingga kini, tarian barong dan barong sangat disakralkan. Sebelum ditarikan, barong wajib diberi ri tual khusus. Jika prosesi itu ti dak lalui akan berbahaya bagi penari dan warga sekitar. Barong juga tidak sembarangan di tarikan. Hanya bisa ditarikan pada acara tertentu seperti kegiatan ritual ider bumi atau selamatan desa.

Nilai mistis ba rong tetap dijaga. Mereka yang berhak menari barong adalah orang pilihan alam. Tari Barong biasanya diiringi beberapa gamelan khas, seperti kendang, kecrek, gong dan ketuk. Sekilas, gamelan barong mirip Kuda Lumping dan Reog Ponorogo. Bedanya, barong tidak menggunakan terompet. Personal barong 12 orang, terdiri atas dua penari barong, dua penari berbentuk ayam.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2