Hujan Deras disertai Angin Kencang Melanda Banyuwangi

0
1729

Hujan-Deras-disertai-Angin-Kencang-Melanda-Banyuwangi

BANYUWANGI – Hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Banyuwangi dan sekitarnya sore kemarin. Hujan yang berlangsung satu jam itu sempat menggenangi jalan perkotaan. Sejumlah pohon juga ambruk setelah disapu angin kencang.

Hujan lebat disertai angin kencang itu terjadi hampir merata di wilayah Banyuwangi  menjelang sore hari kemarin. Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) Banyuwangi, Yustoto Windiarto,  mengatakan hujan masih sering terjadi di wilayah Banyuwangi saat musim kemarau  ini karena suhu muka laut di Jawa Timur masih terasa hangat.

Hangatnya suhu muka laut ini sangat berpotensi menambah pertumbuhan awan-awan yang bisa menimbulkan hujan. Selain itu, pengaruh kondisi angin yang berembus (monsun) dari daratan Asia juga masih kuat saat ini dan diprediksi akan  tetap kuat hingga satu bulan ke depan.

Monsun Asia bersifat mengandung banyak  uap air, sehingga sangat mendukung pembentukan  awan-awan hujan. ”Monsun didominasi dari arah Asia yang banyak  mengandung uap air. Monsun Australia yang banyak bersifat kering saat ini masih  lemah,” jelas Yustoto kepada  Jawa Pos Radar Banyuwangi.

Dengan masih tingginya monsun Asia saat ini, peluang pembentukan  awan yang berpotensi hujan di sekitar Jawa Timur, khu susnya Banyuwangi, juga  masih berpotensi bertambah  sampai awal Juni 2016. Potensi hujan ringan hingga lebat disertai  petir dan angin kencang masih  akan berpotensi terjadi hingga awal bulan Juni 2016.

”Tapi hujannya  tidak sesering seperti saat musim  penghujan,” terangnya. BMKG mengimbau masyarakat pesisir mewaspadai kondisi cuaca  seperti saat ini. Sebab, dengan  adanya pertumbuhan awan cukup tinggi bisa menimbulkan angin  kencang dan ombak tinggi di  perairan.

”Waspadai gelombang  tinggi di perairan selatan Pulau Jawa hingga Nusa Tenggara Barat  (NTB). Hari ini dan besok tinggi  gelombang bisa mencapai 3 meter,” pungkasnya. (radar)

Baca :
Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Pos Kamling, Keadaan Meninggal Posisi Tidur Miring ke Kanan